Sukses

PM Kamboja Puji Inisiatif Indonesia untuk Pembangunan Komunitas ASEAN

Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen melakukan pembicaraan via telepon dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ini fokus pembicaraan keduanya.

Liputan6.com, Phnom Penh - Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdech Techo Hun Sen melakukan pembicaraan via telepon dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 4 Januari 2022. Keduanya membahas kerja sama di bawah kerangka ASEAN dan situasi politik Myanmar, demikian disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Kamboja.

Dalam percakapan telepon itu, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (5/1/2022), Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada Kamboja atas perannya sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk 2022, kata kementerian tersebut dalam pernyataannya.

Kementerian Luar Negeri Kamboja juga menambahkan bahwa Jokowi menegaskan kembali dukungan penuh Indonesia pada keberhasilan Kamboja sebagai ketua ASEAN tahun ini, yang dia yakini akan berkontribusi pada keberhasilan Indonesia saat mengemban Ketua ASEAN pada 2023.

"Sebagai tanggapan, Hun Sen menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada Presiden Jokowi karena mendukung kepemimpinan Kamboja di ASEAN tahun ini," lanjut kementerian itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamboja Puji Inisiatif Indonesia untuk ASEAN

PM Hun Sen juga memuji Indonesia atas inisiatif-inisiatifnya yang banyak berkontribusi pada proses pembangunan komunitas ASEAN.

"Kedua pemimpin juga bertukar pandangan tentang perkembangan terkini di Myanmar dan menggarisbawahi pentingnya menghimpun upaya ASEAN guna membantu Myanmar dalam menemukan solusi yang sesuai untuk mencapai rekonsiliasi nasional, perdamaian yang lestari, stabilitas, dan pembangunan," menurut pernyataan itu.

Didirikan pada 1967, ASEAN beranggotakan Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara
    Kamboja ialah salah satu negara berbentuk Monarki Konstitusional yang berada di Asia Tenggara

    Kamboja

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN