Sukses

Dubes Israel untuk PBB Diserang Netizen Usai Kritik Emma Watson yang Pro-Palestina

Dubes Israel di PBB Danny Danon mendapat kritikan dari netizen di Twitter usai ledek Emma Watson yang pro-Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan aktivis Emma Watson dikritik Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon akibat postingannya di Instagram yang mengajak solidaritas untuk Palestina. Danon menilai Emma Watson adalah seorang anti-semit. 

Anti-semit adalah istilah yang berarti prasangka terhadap kalangan Yahudi. 

"Kurangi 10 poin dari Gryffindor karena menjadi anti-semit @EmmaWatson," ujar Dubes Israel untuk PBB Danny Danon melalui Twitter, dikutip Rabu (5/1/2021). 

Danon menggunakan istilah di Sekolah Sihir Hogwarts yang mengurangi poin asrama. Karakter Hermione Granger yang diperankan Emma Watson berasal dari asrama Gryffindor. 

Ternyata, sindiran Danon tidak mendapat sambutan hangat dari netizen. Ribuan replies dari warganet ramai-ramai menyerang balik Danon karena dianggap asal menggunakan istilah "anti-semit."

Seorang netizen menilai justru Danon yang anti-semit karena menganggap warga Israel mendukung represei terhadap Palestina. 

Netizen lainnya menggunakan meme untuk menunjukkan ironi dari ucapan Danon yang menganggap membela HAM sebagai anti-semit. 

Ada juga yang secara sarkastis mencari elemen anti-semit dari twit Emma Watson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Kata Emma Watson?

Pada Instagramnya, Emma Watson sebetulnya hanya memposting ulang foto solidaritas dengan Palestina. 

Emma Watson mengutip ucapan Sara Ahmed, seorang pakar isu feminisme dan lesbianisme. Sara menjabarkan apa itu pengertian solidaritas. 

"Solidaritas bukanlah berasumsi bahwa perjuangan kita adala perjuangan yang sama, atau rasa sakit kita adalah rasa sakit yang sama, atau harapan kita sama untuk masa depan. Solidaritas melibatkan komitmen, dan pekerjaan, sebagaimana pengakuan bahwa meski kita tidak memiliki perasaan yang sama, atau kehidupan yang sama, atau tubuh yang sama, kita hidup dalam pijakan yang sama." 

Hingga kini, isu Palestina merupakan salah satu topik internasional yang konsisten dibela Indonesia di ranah internasional.

3 dari 3 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.