Sukses

Kenapa Banyak Bayi Lahir Saat Hari Masih Gelap? Begini Penjelasan Ilmuwan

Studi mengungkap, banyak bayi lahir saat hari masih gelap.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan mengkaji, ada banyak angka kelahiran bayi yang terjadi di malam hari atau saat hari sedang gelap, belum muncul matahari.

Menurut peneliti, sebagian besar bayi Amerika Serikat lahir antara pukul 01.00 dan jam 07.00, dan banyak bayi lahir pada jam 8.00, ini adalah menit yang paling umum untuk lahir. Dikutip dari laman Brightside, Rabu (5/1/2022) para ilmuwan memiliki penjelasan untuk aturan ini.

Bayi yang lahir secara alami, tanpa intervensi, melihat dunia dalam pola siang atau malam.

Bayi-bayi yang lahir melalui operasi Caesar, paling sering lahir di pagi hari dan sangat sedikit yang lahir melalui operasi Caesar di malam hari.

Telah Ada Sejak Manusia Hidup di Gua

Mungkin ada alasan evolusioner mengapa bayi kita lahir di malam hari. Mungkin lebih aman bagi nenek moyang kita untuk melahirkan di malam hari ketika orang lain dari suku mereka berkumpul dan bisa memberi ibu baru lebih banyak perlindungan dan bantuan.

Malam hari mungkin waktu yang lebih aman untuk melahirkan tanpa takut predator. Tubuh seorang ibu juga memiliki cara untuk mengatasi hal ini.

Hormon ibu memainkan peran yang sangat besar mengapa bayi ingin melihat dunia di malam hari.

Melatonin, hormon rumit yang membantu menidurkan kita ke dalam tidur juga membantu untuk memulai persalinan. Terkadang sangat sulit untuk tertidur bagi wanita hamil, tetapi jumlah melatonin meningkat pada akhir kehamilan. Hormon ini membuat kontraksi lebih kuat bila dibarengi dengan hormon kelahiran, oksitosin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Paling Banyak Saat Melahirkan

Ada hari paling populer dalam seminggu ketika sebagian besar bayi lahir.

Menurut penelitian, mayoritas bayi di AS lahir pada hari Selasa biasa dibandingkan dengan jumlah paling sedikit pada hari Minggu.

Yang lebih mengejutkan, kelahiran pada hari Sabtu dan Minggu lebih mungkin terjadi pada sore hari dan dini hari daripada kelahiran pada hari Senin hingga Jumat.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.