Sukses

Top 3: Tes COVID-19 Berbayar Picu Protes di Australia hingga Orang Tertua Sedunia Ultah Disorot

Top 3 kanal Global hari ini seputar tes COVID-19 berbayar, negara superpower hindari perang nuklir, dan orang tertua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Protes muncul di Australia karena biaya tes COVID-19 mulai tidak gratis lagi. Pemerintah memutuskan untuk membatasi tes gratis tersebut.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan aturan baru bertujuan untuk mengurangi tekanan pada sistem. Kabar mengenai tes COVID-19 menjadi sorotan di kanal Global Liputan6.com, Rabu (5/1/2021).

Artikel lain yang menjadi sorotan adalah ikrar dari lima negara superpower untuk mencegah perang nuklir. Lima negara itu lantas merilis pernyataan bersama agar mementingkan diplomasi. 

Ada juga kabar menarik tentang orang tertua di dunia yang berasal dari Jepang kini berusia 119 tahun.

Selengkapnya dalam Top 3 Global berikut ini:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tes COVID-19 Tak Gratis

Pemerintah telah menolak seruan dari badan medis dan lawan politik untuk membuat tes tersedia secara gratis, seperti di banyak negara.

PM Scott Morrison berpendapat bahwa apotek memerlukan kepastian bahwa akan ada pihak swasta yang menyediakan tes tersebut.

Para kritikus mengatakan pedoman baru ini semakin merugikan mereka yang berpenghasilan rendah, membuat mereka lebih terpapar saat virus menyebar.

 

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. 5 Negara Komitmen Cegah Perang Nuklir

Lima negara dengan kekuatan nuklir terbesar mendukung adanya dunia tanpa senjata nuklir. Mereka menegaskan bahwa perang nuklir tidak akan memenangkan siapapun.

"Republik Rakyat China, Republik Prancis, Federasi Rusia, Kerajaan Bersatu Inggris Raya dan Irlandia Utara, dan Amerika Serikat mempertimbangkan penghindaran perang antara Negara-Negara Senjata Nuklir dan pengurangan risiko-risiko strategi sebagai tanggung jawab kami yang terdepan," tulis pernyataan bersama yang dirilis situs Gedung Putih, Rabu (5/1/2022).

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Orang Tertua di Dunia

Kane Tanaka, orang tertua di dunia, berusia 119 tahun pada Minggu 2 Januari 2022. Demikian menurut sebuah posting Twitter yang diterbitkan oleh cicitnya, Junko Tanaka.

"Pencapaian luar biasa. (Kane Tanaka) mencapai usia 119 tahun," twit Junko, dengan foto nenek buyutnya, yang dia lihat pada bulan Desember. "Saya harap Anda akan terus menjalani hidup dengan ceria dan sepenuhnya." 

 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.