Sukses

Indahnya Pegunungan Arab Saudi Diselimuti Salju Saat Tahun Baru 2022

Pegunungan di barat laut Arab Saudi adalah tujuan populer bagi mereka yang mencari kesenangan dengan salju.

Liputan6.com, Jeddah - Di musim dingin, pegunungan di barat laut Arab Saudi adalah tujuan populer bagi mereka yang mencari kesenangan dengan salju. Penduduk setempat pun berbondong-bondong menuju wilayah tersebut untuk menikmati pemandangan hujan salju terbaru.

Orang-orang di wilayah Tabuk dekat perbatasan Yordania terbangun pada Hari Tahun Baru 2022 dan menemukan pasir gurun yang tertutup selimut salju putih.

Pegunungan Jabal Al-Lawz biasanya diguyur hujan salju saat suhu turun, dan musim dingin dianggap sebagai waktu terindah sepanjang tahun di wilayah tersebut.

"Setiap tahun kami menunggu salju turun agar kami bisa pergi menikmati kabsa (hidangan tradisional Saudi) bibi kami yang dimasak di atas salju. Itu adalah salah satu ritual kami," ujar Faris Al-Harbi, seorang insinyur yang dulu tinggal di Tabuk, mengatakan kepada Arab News yang dikutip Selasa (4/1/2022).

Arab Saudi dikenal dengan iklim gurun yang kering. Tetapi suhu bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya karena bentang alamnya yang beragam yang mencakup gunung, pulau, gurun, gua, dan lembah.

Salju biasanya turun di daerah pegunungan di utara Turaif, Tabuk, Arar dan Rafha. Penduduk setempat dan pengunjung sama-sama melakukan perjalanan dari berbagai bagian negara Kerajaan itu untuk menikmati cuaca dingin yang sejuk dan aktivitas salju seperti snowboarding.

Badr Al-Gbl, yang mengunjungi Tabuk selama musim dingin, mengatakan kepada Arab News: "Puncak gunung Tabuk diselimuti salju setiap tahun, dan itu menarik perhatian semua penduduk dan pengunjung."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salju juga Ada di Barat Daya Arab Saudi

Di barat daya Negeri Kerajaan itu, di wilayah Asir juga ada sedikit salju. Asir adalah rumah bagi pegunungan Soudah yang tertutup juniper, puncak tertinggi di Arab Saudi, menjulang lebih dari 3.000 m di atas permukaan laut.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir dan angin kencang dalam beberapa hari mendatang di Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk, di mana lebih banyak salju diperkirakan akan turun.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.