Menhan Amerika Serikat Lloyd Austin Positif COVID-19 Usai Bertemu Joe Biden

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 04 Jan 2022, 13:03 WIB
Diperbarui 04 Jan 2022, 13:03 WIB
Joe Biden tunjuk Lloyd Austin sebagai menteri pertahanan (menhan) AS. Ia adalah jenderal kulit hitam pertama yang akan memimpin Pentagon.
Perbesar
Joe Biden tunjuk Lloyd Austin sebagai menteri pertahanan (menhan) AS. Ia adalah jenderal kulit hitam pertama yang akan memimpin Pentagon. Dok: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais

Liputan6.com, Washington D.C - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengumumkan bahwa dirinya positif untuk COVID-19.

"Saya dites dan hasilnya positif COVID-19 pagi ini," kata Austin dalam sebuah pernyataan Minggu (2/1).

Dikutip dari laman Xinhua, Selasa (4/1/2022), ia menambahkan bahwa mengalami gejala ringan dan akan dikarantina selama lima hari ke depan.

"Saya telah memberi tahu tim kepemimpinan saya tentang hasil tes positif, serta Presiden," kata Austin.

"Staf saya telah memulai pelacakan kontak dan pengujian semua orang yang telah saya hubungi selama seminggu terakhir."

Menhan Amerika Serikat juga mengatakan, dia terakhir bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada 21 Desember 2021 dan "negatif COVID-19 pagi sebelum pertemuan."

Austin belum berada di Pentagon sejak Kamis lalu.

Ketika bertemu dengan beberapa anggota stafnya, dia secara aktif menggunakan masker dan menjaga jarak secara sosial.

Lloyd Austin mengatakan bahwa dirinya telah vaksinasi COVID-19 dosis lengkap dan menerima suntikan booster.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wartawan Rombongan Menlu Antony Blinken Positif COVID-19 Usai Kunjungi Indonesia

Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)
Perbesar
Senat Amerika Serikat telah mengukuhkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS pada Selasa (26/1/2021). (Photo credit: Alex Edelman/POOL/AFP/File)

Sebelumnya yang sempat bikin heboh, salah satu rombongan Menlu AS Antony Blinken ada yang positif COVID-19 usai mengunjungi Indonesia.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengeluarkan pernyataan soal pemberitaan salah satu anggota tim media Menlu Antony Blinken yang positif COVID-19 di Malaysia.

"Kami telah mendengar adanya laporan tentang anggota pers perjalanan Sekretaris AS (Antony Blinken) yang dites positif COVID-19 di Malaysia. Semua anggota travel press dinyatakan negatif COVID-19 pada Senin sore setelah tiba di Jakarta," respons Kedubes AS di Jakarta. 

Sebelum melakukan kunjungan ke Malaysia, pada tanggal 13-14 Desember, rombongan Menlu Antony Blinken terlebih dahulu bertandang ke Indonesia.

Sejumlah lokasi dikunjungi oleh Antony Blinken bersama rombongan media dari AS. Mulai dari Istana Presiden, Universitas Indonesia, Gedung Pancasila hingga Hotel Fairmont Jakarta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya