9 Fakta Paing Takhon Si Model yang Dipenjara Militer Myanmar, Pria Tertampan hingga Pecinta Kucing

Oleh Tanti Yulianingsih pada 29 Des 2021, 19:10 WIB
Diperbarui 29 Des 2021, 19:23 WIB
Deretan Potret Model Myanmar Jadi Biksu Selama 10 Hari yang Sukses Bikin Heboh
Perbesar
Model Myanmar Paing Takhon sempat menghabiskan waktu selama 10 hari untuk menjadi biksu. (dok. Instagram @paing_takhon/https://www.instagram.com/p/CJ7Wl4MgeVJ/)

Liputan6.com, Jakarta - Model, aktor, dan penyanyi Myanmar yang divonis penjara tiga tahun, Paing Takhon sedang menjadi sorotan dunia maya. Namanya banyak dicari netizen. Belakangan karena dirinya yang divonis penjara tiga tahun akibat aktif demo anti-militer di negaranya, setelah menjadi tahanan politik sejak April.

Dalam satu dekade terakhir, sosok Paing kian dikenal di negara Myanmar dan juga mendapatkan banyak perhatian internasional.

Siapa sebenarnya Paing Takhom? Mengapa dia menjadi viral di dunia maya, apa saja profesi dan minatnya, dan apa saja fakta dasar tentangnya?

Inilah daftar sembilan fakta terkait model Myanmar Paing Takhon mengutip Men's Variety dan sejumlah sumber lain, Rabu (29/12/2021):

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Dia Memiliki Beberapa Saudara Kandung

Mantan Biksu dan Model Ganteng Paing Takhon Ditangkap Tentara Myanmar
Perbesar
Mantan Biksu dan Model Ganteng Paing Takhon Ditangkap Tentara Myanmar. (dok.Instagram @meanplan_2.w._i._s._h/https://www.instagram.com/p/CKIiWP8ALta/Henry)

Fakta menarik pertama tentang Paing Takhon adalah dia berasal dari keluarga besar. Bahkan, ia dilahirkan dalam keluarga dengan 5 saudara kandung!

Putra Tun Moe dan Khin Kyu adalah anak keempat dari keluarga tersebut. Takhon memiliki kakak laki-laki, dua kakak perempuan, dan dua adik laki-laki.

2. Pernah jadi Biksu Selama 10 Hari

Model Myanmar Paing Takhon sempat menghabiskan waktu selama 10 hari untuk menjadi biksu. (dok. Instagram @paing_takhon/https://www.instagram.com/p/CJ7Wl4MgeVJ/)

Paing Takhon juga pernah jadi trending awal Januari lalu, karena model dan aktor ini sempat memutuskan untuk hidup seperti monk atau biksu selama sepuluh hari. Di Instagram, Takhon memposting foto dirinya berpakaian seperti seorang biarawan.

Foto-foto itu kemudian menjadi viral dan tersebar di internet. Foto-foto tersebut menjadi sangat viral meski banyak yang tidak mengetahui asal usul foto tersebut. Kendati demikian dengan cepat hot monk alias biksu keren menjadi tren online.

Belakangan pengguna media sosial dan situs berita/blog mengingatkan dunia bahwa pria dalam gambar tersebut adalah Paing Takhon yang berusia 24 tahun.

"Menghabiskan Tahun Baru 2021 saya dengan menjadi biksu selama 10 hari dan saya merasa sangat damai dan lebih mengenal diri saya sendiri," tulis Takhon, yang beragama Buddha, pada keterangan postingan tersebut saat itu.

3. Awal Karir Sebagai Model

Model Myanmar, Paing Takhon. Dok: Instagram @paing_takhon

Perjalanan Paing Takhon menjadi sensasi internet dimulai pada tahun 2014, ketika ia memulai karir modelingnya.

Awalnya, Takhon mengikuti pelatihan model Jon Lwin. Dia kemudian mengambil karir profesional sebagai model landasan pacu sebagai bagian dari Badan Model Internasional Bintang & Model John Lwin.

Takhon kemudian merambah ke dunia iklan TV dan iklan DVD (masih ada saat itu). Ia kemudian beralih ke model video musik dan pemotretan sampul majalah.

Dia juga menjadi duta untuk beberapa merek dan organisasi seperti Asosiasi Pemasaran Pariwisata Myanmar. Sebelum dia menyadarinya, Takhon telah menjadi nama besar di kancah mode negaranya.

 


4. Merambah Dunia Aktor

Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)
Perbesar
Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)

Bintang yang sedang naik daun Paing Takhon ini tidak hanya berhenti di modeling, namun ia akhirnya menemukan jalannya ke dunia akting. Pada tahun 2017, Takhon mendapatkan pertunjukan akting pertamanya.

Dia memulai debutnya sebagai aktor sebagai peran utama dalam film berjudul Midnight Traveler.

Dia kemudian berakting di proyek lain seperti Bad Boys 2: Angel of Bad Boys, film horor Thaman Kyar (Weretiger), serial drama dokumenter Kha Yee Thwar Kauk Kyaung (Traveler’s Notes), dan masih banyak lagi.

Kemudian pada tahun 2019, ia dinobatkan sebagai salah satu dari "10 Aktor Terbaik" Myanmar oleh The Myanmar Times.

5. Dia Menyumbangkan Hasil Penjualan Album Musiknya

Model Myanmar, Paing Takhon. Dok: Instagram @paing_takhon

Tapi itu masih bukan akhir dari tujuan dan pencapaian karir Paing Takhon. Model dan aktor ini juga menjajal dunia tarik suara: menyanyi.

Pada tahun 2017, saat ia memulai pekerjaan aktingnya, Takhon merilis album musik debut berjudul Chit Thu (Lover). Ia menyumbangkan semua hasil dari album itu untuk amal.

Secara khusus, ia menyumbangkan semua uang dari penjualan album tersebut kepada anak-anak yatim piatu di sekolah yatim piatu Ananda Metta.

6. Dia Seorang Pengusaha

Paing Takhon, aktor asal Myanmar. (dok. Instagram @paingtakhonfanclubmyanmar/https://www.instagram.com/p/CStenL8BRNV/)

Merupakan ide bagus bagi para aktor untuk mendiversifikasi pendapatan mereka. Sungguh, itu selalu merupakan ide yang bagus untuk siapa pun tetapi sangat penting bagi orang-orang dalam bisnis hiburan. Lagi pula, Anda tidak akan pernah tahu apakah pekerjaan Anda saat ini akan menjadi pekerjaan terakhir Anda.

Paing Takhon pun demikian, ia mendiversifikasi pendapatannya. Model, aktor, dan penyanyi itu kemudian bergelut dengan bisnis. Secara khusus, Takhon telah menjadi mitra dengan United Amara Bank. Kami yakin itu akan membantu meningkatkan resume dan rekening banknya.

 


7. Pecinta Kucing

Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)
Perbesar
Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)

Salah satu faktor besar yang dia suka bagikan adalah bahwa dia mencintai kucing.

Takhon bahkan menyebut dirinya kitties’ dad atau ayah kucing. Sebenarnya, dia adalah ayah yang bahagia dari 9 kucing!

8. Penyuka Tato

Model Myanmar Paing Takhon sempat menghabiskan waktu selama 10 hari untuk menjadi biksu. (dok. Instagram @paing_takhon/https://www.instagram.com/p/CJ7Wl4MgeVJ/)

Tidak ada yang menyembunyikan fakta bahwa Takhon adalah penggemar berat tato. Tidak hanya dia tidak menyembunyikannya dan memposting beberapa foto dirinya bertelanjang dada, tetapi sulit untuk menyembunyikan banyak tato di sekujur tubuhnya.

Mulai dari dada, perut, lengan, punggung, dan banyak lagi, tato menghiasi sejumlah bagian tubuhnya. Kabarnya Paing Takhon memiliki lebih dari 100 tato di sekujur tubuhnya.

Banyak dari tatonya bergambar hewan, yang hanya menunjukkan kecintaanya pada hewan.

9. Dia Belajar Psikologi

Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)

Terakhir, talenta pemuda Burma ini menyukai pendidikan dan mempelajari hal-hal baru.

Dia awalnya lulus SMA dari Basic Education High School No. 1 Khamaukgyi. Di tengah semua kesibukannya, Takhon belajar psikologi di University of Distance Education, Yangon.

10. Paling Tampan

Paing Takhon (Sumber: Instagram/@paing_takhon)

TC Candler kembali merilis 100 Most Handsome Faces of 2021 atau daftar tahunan 100 Wajah Paling Tampan tahun 2021, Selasa 28 Desember. Tahun ini, yang kampiun di posisi pertama adalah Paing Takhon, model sekaligus aktor asal Myanmar yang jadi tahanan politik sejak April 2021.

Dalam pengumuman posisi puncak daftar bergengsi tersebut, pihaknya dengan tegas meminta pembebasan Takhon.


Infografis Amankah Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya