Sukses

4 Cara Sukses Wujudkan Resolusi Tahun Baru Menurut Psikologi

Seringkali resolusi Tahun Baru sulit untuk ditepati. Berikut cara mewujudkannya menurut psikologi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak dari kita menjadikan awal tahun baru sebagai kesempatan untuk sesuatu hal yang baru. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memulai yang baru, menghentikan kebiasaan buruk, atau memulai kebiasaan yang lebih sehat.

Namun, seringkali resolusi Tahun Baru sulit untuk ditepati. Kita bisa putus asa dan menyerah, terkadang di hari ke-2 perjalanan kita sudah merasa lelah.

Berikut adalah lima tips, berdasarkan psikologi agar semangat mewujudkan resolusi Tahun Baru, dikutip dari laman psychologytoday, Senin (27/12/2021):

Tip 1: Jangan terlalu ambisius saat menetapkan tujuan Anda. Jauh lebih mudah untuk membuat perubahan kecil dan bertahap daripada membuat perubahan drastis sekaligus. Jadi, daripada berjanji pada diri sendiri untuk menghindari semua makanan manis, mungkin Anda bisa mengurangi asupan makanan manis menjadi satu kali/hari. Bahkan langkah kecil menuju tujuan mengurangi asupan gula lebih baik daripada tidak melakukan langkah sama sekali.

Tip 2: Tetapkan tindakan nyata yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Menetapkan tujuan adalah satu hal, mengejar tujuan adalah hal lain. Membuat rencana untuk tindakan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan akan membuat tujuan lebih konkret dan karenanya dapat dicapai.

Misalnya, tujuan "menjadi lebih sehat" di Tahun Baru mungkin terlalu abstrak. Pertimbangkan tindakan nyata seperti "pergi ke gym setidaknya dua hari/minggu". Tindakan nyata lebih mudah diukur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

Tip 3: Rencanakan langkah sementara menuju target keseluruhan. Itu selalu menyenangkan untuk mendapatkan penguatan positif menuju suatu tujuan.

Semakin sering kita mendapatkan penguatan positif ini, semakin termotivasi kita untuk bertahan. Tidak apa-apa untuk membangun sedikit fleksibilitas ke dalam tujuan dan untuk memeriksa dan menilai kembali bagaimana keadaannya. Menetapkan langkah-langkah sementara dan menilai kemajuan, bahkan langkah-langkah kecil, dapat membantu mempertahankan motivasi kita.

Tip 4: Jadikan resolusi kepada publik. Memberi tahu orang-orang tentang resolusi Anda akan membantu mematuhinya.

Dengan kata lain, tekanan teman sebayadapat berguna. Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda mengumumkan resolusi Tahun Baru secara publik. Misalnya, sosial media.

Bagaimanapun, rasa malu dan rasa bersalah bisa menjadi emosi dan motivasi yang kuat.

3 dari 3 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.