Sukses

Mantan Presiden Yunani Karolos Papoulias Meninggal Dunia

Karolos Papoulias menjadi presiden Yunani pada 2005-2015.

Liputan6.com, Athena - Mantan Presiden Yunani, Karolos Papoulias, dilaporkan meninggal dunia pada Minggu 26 Desember. Ia tutup usia dalam umur 92 tahun.

Kabar meninggalnya Papoulias diberitakan oleh media pemerintah Yunani, ANA-MPA News.

Papoulias terpilih menjadi presiden Yunani pada 2005, kemudian kembali terpilih pada 2010 hingga menyelesaikan jabatan di 2015.

Sebelumnya, Karolos Papoulias merupakan menteri luar negeri, dan juga anggota parlemen selama 26 tahun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Austerity

Yunani adalah negara yang menganut sistem perdana menteri, sehingga kekuasaan pemerintahan berada di tangan perdana menteri, bukan presiden. 

Karolos Papoulias pernah menjadi presiden bagi Perdana Menteri George Papandreou, Lucas Papademos, dan Antonis Samaras. 

Tiga perdana menteri itu menjabat di tengah krisis utang yang memburuk di Yunani. IMF lantas meminta adanya paket pengetatan finansial (austerity). Namun, ada elemen masyarakat yang menolak keras austerity. 

Akhirnya, politikus penolak austerity Alexis Tsiras terpilih sebagai perdana menteri pada 2015. Papoulias sudah menyelasaikan jabatannya sebagai presiden beberapa bulan sebelm Tsiras berkuasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini