Sukses

Serangan Udara Militer Myanmar Picu Ratusan Warga Sipil Lari ke Thailand

Militer Myanmar melancarkan serangan udara dan artileri berat terhadap satu kota kecil yang dikuasai gerilyawan, memicu ratusan orang melarikan diri ke Thailand.

Liputan6.com, Naypyidaw - Militer Myanmar melancarkan serangan udara dan artileri berat terhadap satu kota kecil yang dikuasai gerilyawan. Ratusan orang melarikan diri dengan melintasi sungai ke Thailand, kata pejabat dan penduduk setempat, Jumat (24/12).

Pasukan pemerintah menarget Lay Kay Kaw, kota kecil di dekat perbatasan Thailand yang dikuasai gerilyawan Karen yang menuntut otonomi yang lebih besar dari pemerintah pusat, Associated Press mewartakan sebagaiman dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (26/12/2021).

Pertempuran meningkat sejak Februari, ketika militer Myanmar merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Gerilyawan Karen memberi perlindungan kepada lawan-lawan tentara. Bentrokan terbaru dipicu serangan pekan lalu oleh tentara pemerintah di Lay Kay Kaw.

Media independen Myanmar melaporkan bahwa pasukan pemerintah menangkap 30-60 orang yang secara terorganisir melawan pemerintah militer, termasuk setidaknya satu anggota parlemen terpilih dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Udara, Ratusan Warga Lari ke Thailand

Suara tembakan, bom dan jet tempur terdengar di seberang perbatasan di Thailand, di mana rumah-rumah terguncang akibat ledakan.

Pekan lalu, sekitar 2.500 penduduk desa juga melarikan diri dari pertempuran di Myanmar dan menyeberang ke distrik Mae Sot Thailand. Tidak ada laporan segera mengenai korban.

Serangan udara itu terjadi tiga hari setelah gerilyawan Karen meminta PBB untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Lay Kay Kaw untuk melindungi warga sipil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.
    Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.

    Myanmar

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand