Sukses

Korsel dan China Gelar Pertemuan Virtual, Bahas Cara Denuklirisasi dengan Korut

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jong-kun mengadakan pembicaraan secara virtual, dengan tim yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng.

, Seoul - Kamis 23 Desember 2021 Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jong-kun mengadakan pembicaraan secara virtual, dengan tim yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng. Ini menandai pertemuan pertama keduanya sejak Juni 2017.

Mengutip DW Indonesia, Jumat (24/12/2021), kedua belah pihak diperkirakan akan mencari cara untuk membuka kembali pembicaraan denuklirisasi yang terhambat dengan Korea Utara dan membahas masalah bilateral, regional dan global lainnya, kata para pejabat Seoul.

Pertemuan itu terjadi pada saat yang sulit, karena Taiwan telah mengajukan protes atas pembatalan undangan Korea Selatan bagi Menteri Digital Audrey Tang untuk berbicara secara virtual pada sebuah konferensi pekan lalu di Seoul.

Kementerian Luar Negeri Taiwan menyebut langkah itu "kasar" dan memanggil penjabat duta besar de facto Korea Selatan untuk menyatakan ketidaksenangannya.

Kementerian mengatakan, Korea Selatan mengutip "berbagai aspek masalah lintas selat” atas keputusan tersebut, tetapi ketika perwakilan Taiwan di Seoul secara terpisah mencari penjelasan, dia tidak menerima jawaban apa pun.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan, keputusan itu dibuat oleh penyelenggara acara berdasarkan "pertimbangan komprehensif dari semua keadaan", tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Seorang pejabat di Gedung Biru Kepresidenan Seoul mengatakan pada Rabu (22/12) bahwa penyelenggara membatalkan undangan sesuai dengan "prinsip diplomatik kami, bukan karena China."

"Posisi kami tetap tidak berubah bahwa kami akan terus mempromosikan hubungan ekonomi dan budaya tidak resmi, dan pertukaran praktis," kata pejabat itu kepada wartawan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antara AS dan China

Seoul menghadapi tindakan penyeimbangan yang semakin sulit ketika Amerika Serikat, sekutu utamanya, berfokus untuk mengumpulkan sekutu dan mitra untuk melawan China yang koersif dan agresif, mitra ekonomi terbesar Korea Selatan.

Dalam pertemuan pada 23 Desember, para wakil menteri juga membahas Olimpiade Musim Dingin mendatang di Beijing. Dipimpin AS, beberapa negara Barat telah menyatakan akan memboikot olimpiade ini. Sementara, Korea Selatan mengatakan tidak mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam boikot itu, tetapi juga belum ada perbincangan dengan China soal pengiriman delegasi.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.