Sukses

Planet Paling Dingin dan Panas di Tata Surya

Tata surya kita terdiri dari semua planet, bulan, asteroid, komet, dan puing-puing ruang angkasa lainnya yang mengorbit matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun ada banyak planet dan bahkan galaksi yang tak terhitung jumlahnya di alam semesta, hanya ada satu yang disebut rumah manusia, yaitu Galaksi Bima Sakti. Tata surya kita terdiri dari semua planet, bulan, asteroid, komet, dan puing-puing ruang angkasa lainnya yang mengorbit matahari.

Sistem kita, yang dikenal sebagai Tata Surya, dinamai menurut nama Matahari, Sol. Segala sesuatu yang lain, termasuk planet, terikat pada matahari dalam tarikan gravitasi yang disebut orbit.

Tata Surya kita terdiri dari delapan planet, dibagi lagi menjadi planet dalam dan luar, dan planet kerdil yang terletak di luar.

Suhu di planet-planet bergantung pada jaraknya ke Matahari dan faktor lainnya. Mereka yang lebih dekat ke matahari umumnya lebih panas, demikian dikutip dari laman World Atlas, Kamis (23/12/2021).

Kedelapan planet di tata surya kita, berurutan dari matahari: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Empat yang pertama, yang dikenal sebagai planet dalam, adalah terestrial. Ini berarti mereka adalah planet berbasis batu dan logam.

Karena itu, planet-planet dalam berbentuk padat, baik berbasis batuan, logam, atau kombinasi keduanya, dan semuanya memiliki suhu rata-rata yang lebih tinggi daripada planet-planet luar.

Berikut suhu rata-rata planet di Tata Surya dan mana yang paling panas serta dingin:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suhu Rata-Rata Planet

Urutan dari paling panas ke dingin dari planet yang ada di Tata Surya:

1. Merkurius 800°F (430 °C) di siang hari, -290 °F (-180 °C) di malam hari

2. Venus 880° F (471 ° C)

3. Bumi 61°F (16°C)

4. Mars minus 20°F (-28°C)

5. Jupiter minus 162°F (-108°C)

6. Saturnus minus 218°F (-138°C)

7. Uranus minus 320°F (-195°C)

8. Neptunus minus 331°F (-201°C)

3 dari 3 halaman

Infografis Benarkah Indonesia Sudah Lewati Masa Krisis Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.