Sukses

Hendak Tabrak Tentara Israel di Tepi Barat, Pengemudi Palestina Tewas Ditembak

Mobil yang dikendarai pria Palestina ketika akan menyerang tentara Israel dilaporkan terbakar. Pria itu tewas di dalam mobil yang terbakar.

Liputan6.com, Tepi Barat - Seorang pengemudi asal Palestina tewas pada Selasa (22/12) oleh tentara Israel di sebuah pos pemeriksaan tentara di dekat kota Jenin di Tepi Barat utara.

Sumber resmi Palestina mengatakan kepada Xinhua bahwa tentara Israel menembaki kendaraan Palestina di sebuah pos pemeriksaan militer Israel di barat daya Jenin.

Pihak itu juga menambahkan bahwa mobil tersebut terbakar dengan pengemudi di dalamnya, demikian dikutip dari laman Xinhua, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu, militer Israel mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa tentaranya menembak dan membunuh seorang pengemudi Palestina, yang dilaporkan mencoba melakukan serangan.

Israel menyebut pria Palestina ini hendak menabrakkan mobil terhadap sejumlah tentara Israel yang berdiri di dekat pos pemeriksaan.

Tidak ada cedera yang dilaporkan di antara para tentara Israel, menurut pernyataan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Hamas

Aktivis media sosial Palestina menerbitkan foto dan klip video yang menunjukkan nyala api yang berasal dari mobil yang terbakar.

Hazem Qassem, juru bicara Hamas di Gaza, mengatakan bahwa serangan itu adalah "tanggapan terhadap praktik kekejaman Israel terhadap tahanan wanita Palestina di penjara-penjara Israel."

Pada Senin (20/12), Palestina mengutuk keputusan militer Israel untuk mengizinkan tentara untuk langsung menembaki pelempar batu Palestina di Tepi Barat bahkan setelah mereka melarikan diri.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa "keputusan tersebut berfungsi sebagai lampu hijau untuk melakukan lebih banyak eksekusi lapangan terhadap warga Palestina, sesuai dengan keinginan, suasana hati, dan penilaian tentara Israel."

3 dari 3 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.