Sukses

AS Akhirnya Bersedia Mulai Dialog dengan Rusia

Amerika Serikat menyatakan siap untuk memulai diskusi diplomatik dengan Rusia.

Liputan6.com, Washington - Gedung Putih pada Senin (20/12) mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) siap untuk memulai pembicaraan diplomatik dengan Rusia melalui berbagai saluran, namun menegaskan bahwa pihak Moskow harus menanggapi keprihatinan negara-negara Barat mengenai peningkatan jumlah pasukan militer Rusia di sepanjang wilayah perbatasannya dengan Ukraina.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (22/12/2021), Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan berbicara dengan rekannya dari Rusia, Yuri Ushakov, penasihat kebijakan luar negeri Presiden Vladimir Putin.

Gedung Putih mengatakan AS bersedia berbicara langsung dengan Kremlin, atapun melalui perantara Dewan NATO-Rusia dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa.

Gedung Putih mengatakan Sullivan memberitahu Ushakov bahwa “setiap dialog harus didasarkan pada langkah timbal balik dan menanggapi keprihatinan AS sehubungan dengan tindakan Rusia.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS dan Rusia Panas

Dalam KTT virtual dua minggu yang lalu, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Putin bahwa AS akan memberlakukan sanksi yang berat terhadap Rusia seandainya negara itu melakukan invasi ke Ukraina.

Moskow telah menempatkan puluhan ribu pasukan di sepanjang perbatasan timur Ukraina, meskipun Washington mengindikasikan tidak yakin Putin telah memutuskan untuk melancarkan serangan terhadap Ukraina.

3 dari 3 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.