Sukses

Pemimpin Sipil Myanmar yang Dikudeta, Aung San Suu Kyi Tampil dengan Seragam Tahanan

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi yang dikudeta oleh militer muncul di pengadilan pada Jumat 17 Desember 2021, mengenakan seragam tahanan.

Liputan6.com, Naypyidaw - Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi yang dikudeta oleh militer muncul di pengadilan pada Jumat 17 Desember 2021, mengenakan atasan putih dan longyi sampul coklat yang merupakan seragam khas untuk tahanan di negara Asia Tenggara tersebut, menurut narasumber dengan pengetahuan tentang proses pengadilan mengatakan.

Pemenang Nobel Suu Kyi, 76, dijatuhi hukuman bulan ini hingga empat tahun penjara karena hasutan dan melanggar peraturan COVID-19 oleh pengadilan. Hukumannya kemudian dikurangi menjadi hukuman dua tahun penahanan di lokasinya yang saat ini tidak diungkapkan.

Kritikus dan pembela nilai-nilai sipil menilai bahwa persidangan terhadap Suu Kyi dan dakwaan yang dialamatkan kepadanya hanyalah dalih bagi junta militer yang kini berkuasa untuk menjebloskan perempuan itu ke penjara.

Ini adalah pertama kalinya Suu Kyi, yang dikenal karena mengenakan pakaian tradisional yang elegan kadang-kadang dengan bunga di rambutnya, telah terlihat dalam seragam penjara di pengadilan, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari MSN News, Sabtu (18/12/2021).

Tidak jelas apakah itu menandakan perubahan yang lebih luas dalam bagaimana dia dan pejabat senior lainnya diadili sedang diperlakukan.

Myanmar telah berada dalam kekacauan sejak kudeta terhadap pemerintah Suu Kyi yang terpilih secara demokratis menyebabkan protes luas dan menimbulkan kekhawatiran internasional tentang berakhirnya reformasi politik tentatif setelah beberapa dekade pemerintahan militer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

'Persidangan' terhadap Aung San Suu Kyi

Putusan itu adalah yang pertama dari hampir selusin kasus terhadap Suu Kyi yang membawa hukuman maksimum gabungan lebih dari 100 tahun penjara. Suu Kyi membantah semua tuduhan.

Seorang mantan walikota ibukota Naypyidaw, Myo Aung, yang juga diadili, juga terlihat di pengadilan dengan seragam penjara pada hari Jumat, kata sumber yang meminta untuk tidak diidentifikasi.

Sarung sampul, yang dikenal sebagai longyi, adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh pria dan wanita di Myanmar.

Dalam sambutan yang diterbitkan pada hari Selasa, penguasa militer Min Aung Hlaing mengatakan di media pemerintah bahwa Suu Kyi dan Presiden Win Myint yang digulingkan akan tetap berada di lokasi yang sama selama persidangan mereka dan tidak akan dikirim ke penjara.

Suu Kyi, putri pahlawan kemerdekaan Myanmar, menghabiskan bertahun-tahun di bawah tahanan rumah karena penentangannya terhadap pemerintahan militer tetapi dibebaskan pada 2010 dan memimpin partai Liga Nasional untuk Demokrasi menuju kemenangan telak dalam pemilihan 2015 sebelum ditangkap setelah kudeta militer 1 Februari.

Persidangannya di Naypyidaw telah ditutup untuk media dan pengacara Suu Kyi telah dilarang berkomunikasi dengan media dan publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini