Sukses

Peringati Hari Kematian Ayah, Kim Jong-un Larang Warga Tertawa 11 Hari

Pada masa peringatan hari kematian ayah Kim Jong-un, rakyat Korut dilarang menunjukkan apa pun selain kekhidmatan di depan umum saat negara memperingati hidup dan prestasinya.

Liputan6.com, Jakarta Korea Utara memaksa penduduk untuk merayakan 11 hari berkabung untuk peringatan 10 tahun kematian mantan pemimpin negara itu, Kim Jong-il pada 17 Desember, sumber di negara itu mengatakan kepada RFA.

Kim Jong-il menggantikan ayahnya, pendiri nasional Kim Il-sung, ketika Kim yang lebih tua meninggal pada tahun 1994. Dia memerintah negara itu sampai kematiannya sendiri pada tahun 2011, dan kemudian digantikan oleh putranya, pemimpin saat ini Kim Jong-un.

Pemerintahan Kim Jong-il bertepatan dengan salah satu periode tergelap dalam sejarah Korea Utara, kelaparan 1994-1998, yang menewaskan jutaan warga negara itu, menurut beberapa perkiraan. Periode ini sekarang disebut oleh orang Korea Utara sebagai Arduous March.

Meskipun masa berkabung diadakan setiap tahun untuk kedua pemimpin, untuk Kim Il-sung hanya berlangsung seminggu. Kematian Kim Jong-il lebih baru, jadi biasanya memiliki masa berkabung 10 hari. Tahun ini sedikit lebih lama karena ini adalah hari jadi yang ke 10.

Pada masa peringatan tersebut, warga negara Korut dilarang menunjukkan apa pun selain kekhidmatan di depan umum saat negara memperingati hidup dan prestasinya.

"Selama masa berkabung, kita tidak boleh minum alkohol, tertawa atau terlibat dalam kegiatan rekreasi," seorang penduduk kota perbatasan timur laut Sinuiju, di seberang Sungai Yalu dari Dandong China, mengatakan kepada RFA yang dikutip Kamis (16/12/2021).

Sumber itu mengatakan bahwa belanja bahan makanan juga dilarang pada hari ulang tahun itu sendiri.

"Dulu banyak orang yang tertangkap minum atau mabuk selama masa berkabung ditangkap dan diperlakukan sebagai penjahat ideologis. Mereka dibawa pergi dan tidak pernah terlihat lagi," kata sumber tersebut.

"Bahkan jika anggota keluarga Anda meninggal selama masa berkabung, Anda tidak boleh menangis dengan keras dan jenazahnya harus dibawa keluar setelah selesai. Orang-orang bahkan tidak bisa merayakan ulang tahun mereka sendiri jika jatuh dalam masa berkabung," kata sumber tersebut.

Tugas Khusus Polisi 

Polisi diberitahu sebelumnya untuk waspada terhadap orang-orang yang tidak terlihat berduka, seorang penduduk provinsi barat daya Hwanghae Selatan mengatakan kepada RFA.

"Mulai hari pertama Desember, mereka akan memiliki tugas khusus untuk menindak mereka yang merusak suasana berkabung kolektif," kata sumber kedua, yang meminta anonimitas untuk berbicara secara bebas. "Ini tugas khusus polisi selama sebulan. Saya mendengar bahwa petugas penegak hukum tidak bisa tidur sama sekali.”

Perusahaan-perusahaan milik negara dan kelompok-kelompok masyarakat juga diperintahkan untuk menjaga orang-orang yang kelaparan selama masa berkabung.

"Ketertiban dan keamanan sosial harus dipastikan, sehingga perusahaan bertanggung jawab mengumpulkan makanan untuk diberikan kepada warga dan karyawan yang tidak bisa masuk kerja karena kekurangan pangan," kata sumber kedua.

"Warga juga harus bekerja sama untuk membantu kotjebi (anak-anak tunawisma)," kata sumber kedua, merujuk pada jumlah pengemis jalanan tunawisma yang terus meningkat di Korea Utara.

Masa berkabung yang panjang mengganggu kehidupan sehari-hari warga Korea Utara, kata sumber kedua.

"Saya hanya berharap masa berkabung Kim Jong-il dipersingkat menjadi satu minggu, seperti masa berkabung Kim Il-sung," kata sumber kedua. "Warga mengeluh bahwa yang hidup terpaksa meratapi dua orang yang meninggal ini sampai mati."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ode untuk Kim

Untuk merayakan kehidupan Kim Jong-il, pemerintah memanfaatkan veteran militer tua untuk mempromosikan pencapaian dan kontribusi terbesar mendiang Dear Leader’s bagi negara.

Provinsi Hamgyong Selatan di bagian timur sedang merencanakan beberapa acara untuk memperingati kehidupan Kim. Ini termasuk pameran fotografi dan seninya, konser kenangan, dan pameran Kimjongilia, bunga yang dinamai mendiang pemimpin, kata seorang pejabat dari kota Tanchon kepada RFA.

"Pemimpin tim propaganda dan tentara tua, yang terdiri dari perwira militer berusia 50-an dan 60-an, mengunjungi setiap pabrik, perusahaan, dan unit pengawas lingkungan untuk mendidik orang-orang tentang kerja keras dan dedikasi Kim Jong-il,” kata sumber ketiga.

“Belum lama ini seorang tentara wanita yang memainkan akordeon bergabung dengan tim dan dia menyanyikan lagu dan membaca puisi memuji Kim Jong-il,” kata sumber ketiga.

Anggota organisasi menerima jatah yang lebih baik daripada rata-rata warga, menurut sumber ketiga.

Ceramah dan pertunjukan sudah dimulai di beberapa bagian provinsi, kata seorang penduduk dari daerah Puryong terdekat kepada RFA.

"Mereka datang dan menyanyikan lagu-lagu pujian untuk Kim Jong-il dan mengadakan ceramah singkat tentang kehebatan dan prestasinya," katanya.

"Mungkin ide yang lebih baik untuk memasok penduduk dengan batu bara atau kayu bakar untuk melewati musim dingin daripada kuliah dan propaganda, yang benar-benar berguna seperti burung beo yang berbicara."

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.