Sukses

Bakamla Kerahkan KN Belut ke Malaysia untuk Bantu Evakuasi WNI Korban Kapal Karam

Kapal yang membawa 50 pekerja migran Indonesia karam di perairan Johor Malaysia pada Rabu 15 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal yang membawa 50 pekerja migran Indonesia karam di perairan Johor Malaysia pada Rabu 15 Desember. Hingga Kamis (16/12/2021) siang, sebanyak 14 warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan selamat, sementara 19 orang meninggal dunia dan 17 lainnya masih hilang.

Untuk membantu pencarian dan evakuasi korban kapal karam di Malaysia, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengerahkan Kapal Negara Belut-406. "KN Belut sudah mendekat, tapi masih dalam wilayah Indonesia," kata Kabag Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita di Jakarta.

Pihaknya masih menunggu otoritas Malaysia mengizinkan KN Belut-406 untuk masuk wilayahnya, karena lokasi kejadian berada di teritorial Malaysia, yang jauh dari perairan Indonesia.

Ia menyampaikan pihak Malaysia juga telah mengerahkan aset militer di lokasi kejadian.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koordinasi dengan Malaysia

Sementara itu, dalam keterangan tertulis, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia memerintahkan Kepala Puskodal Bakamla dan Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Bakamla Suwito untuk terus melaksanakan koordinasi dengan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) guna mendapatkan perkembangan informasi lebih lanjut.

Laksma Bakamla Suwito menyatakan siap menggerakkan unsur KN Belut Laut-406 untuk membantu pelaksanaan evakuasi korban.

Ia menegaskan, karena wilayah kejadian berada di Malaysia, maka perlu koordinasi lebih lanjut kepada pemerintah negara setempat apabila unsur Bakamla masuk perairannya.

 

3 dari 4 halaman

Diduga Akibat Cuaca Buruk

Sebelumnya, kapal yang diyakini membawa 50 WNI dilaporkan terbalik di Tanjung Balau, Johor pada Rabu 15 Desember pukul 04.30 pagi waktu setempat.

Kapal yang terlibat tersebut diyakini berasal dari Indonesia menuju Malaysia, seperti demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Liputan6.com dari Kementerian Dalam Negeri Malaysia.

Diduga, kapal itu terbalik akibat ombak yang kuat karena cuaca buruk dini hari tadi.

4 dari 4 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta Plus Muncul di Singapura dan Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.