Sukses

Viral, Petugas Keamanan Malaysia Lempar Biawak dengan Cara Tak Pantas

Video seorang penjaga keamanan mengayunkan biawak di atas kepalanya dan melemparkannya keluar dari gedung telah memicu perdebatan di media sosial.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kekejaman terhadap hewan masih kerap kali terjadi. Salah satunya yang baru-baru ini viral di Malaysia.

Baru-baru ini, video seorang penjaga keamanan mengayunkan biawak di atas kepalanya dan melemparkannya keluar dari gedung telah memicu perdebatan di media sosial.

Video yang dibagikan oleh Daily Express Sabah di Twitter, diyakini terjadi di Kota Kinabalu, Sabah, demikian dikutip dari laman WorldBuzz, Selasa (14/12/2021).

Klip itu dibuat bahan lelucuan dengan digabungkan bersama audio dari penyanyi Bosnia Fazlija, dengan judul Helikopter.

Pengguna media sosial Malaysia menulis, "Musik pengiring itu lucu, tetapi pertanyaan: Apakah ayunan helikopter itu diperlukan? Jika mobil menabraknya? Apakah ini kekejaman terhadap hewan?".

Tindakan penjaga keamanan ini memicu perdebatan sengit tentang apakah itu kekejaman terhadap hewan atau tidak.

Video tersebut telah mengumpulkan banyak perhatian dan saat ini ditonton lebih dari 612.000 kali dan disukai lebih dari 2.300 pengguna medsos.

Meskipun sebagian besar pengguna mungkin menganggap video itu menghibur, beberapa menunjukkan kekhawatiran bahwa itu mungkin cara yang kejam untuk mengusir hewan

Pengguna medsos mengungkapkan pemikiran mereka di bagian komentar dengan beberapa menyebut tindakan tersebut sebagai kekejaman dan pelecehan terhadap hewan dan bahwa penjaga tidak perlu melempar biawak seperti itu.

Pengguna lain berkata, "Itu pasti (kekejaman terhadap hewan). Biawak yang malang. Biarkan saja. Saya yakin itu hanya lewat dan tidak akan membahayakan siapa pun."

"Perhatikan, kadal itu menggigit kursi sebelum penjaga melemparkannya ke seberang jalan. Ayunan ala helikopter tidak diperlukan," kata seorang pengguna medsos lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menemukan biawak?

Meski tidak dikenal suka menyerang manusia, reptil yang panjangnya bisa mencapai 3 meter ini memiliki gigi dan cakar yang tajam, serta ekor yang kuat.

Mereka juga mengeluarkan racun yang meskipun tidak fatal bagi manusia, namun tetap dapat meninggalkan gigitan yang rentan terhadap infeksi.

Disarankan bahwa ketika bertemu biawak, seseorang tidak boleh menyentuh, mengejar, atau menyudutkan mereka karena mereka dapat menyerang sebagai bentuk pertahanan.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19 Booster, Butuh atau Enggak?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.