Sukses

China Deteksi Kasus Pertama COVID-19 Varian Omicron Jelang Olimpiade Beijing

Otoritas kesehatan di China mengidentifikasi dan mengisolasi pembawa varian Omicron jelang Olimpiade Beijing 2022.

Liputan6.com, Jakarta China telah mendeteksi kasus pertama varian baru Virus Corona Omicron. Hal ini menimbulkan tantangan baru bagi strategi nol-COVID-19 negara itu menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Otoritas kesehatan di kota pelabuhan utara Tianjin mengidentifikasi dan mengisolasi pembawa varian - seorang pelancong yang tiba dari luar negeri pada 9 Desember, sebelum masuk ke komunitas, media pemerintah melaporkan Senin 13 Desember seperti dikutip dari CNN, Selasa (14/12/2021).

Menurut media pemerintah, individu yang terinfeksi awalnya diidentifikasi sebagai pembawa tanpa gejala. Urutan genom berikutnya yang ditinjau oleh Center for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) China mengonfirmasi bahwa itu adalah varian Omicron.

Orang itu sekarang dirawat di ruang isolasi di rumah sakit, kata laporan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Varian baru Omicron yang menyebar cepat telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia, mendorong banyak pemerintah untuk memberlakukan pembatasan perjalanan. Keberadaannya telah dilaporkan di lebih dari 50 negara sejak pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan akhir bulan November.

Masih banyak yang belum diketahui tentang varian tersebut, yang membawa sejumlah besar mutasi yang dikhawatirkan para ilmuwan berpotensi membuatnya lebih mudah menular dan kurang rentan terhadap vaksin yang ada.

Pakar kesehatan masyarakat China dan media pemerintah sebelumnya telah menyuarakan keyakinan pada kemampuan negara itu untuk menangani varian baru, mengutip langkah-langkah kontrol perbatasan China yang ketat dan kemampuannya untuk dengan cepat mengidentifikasi dan mengisolasi kasus yang terinfeksi dan kontak dekat mereka.

Di China, semua kedatangan luar negeri harus menjalani tes COVID-19 sebelum mereka meninggalkan bandara, diikuti dengan karantina terpusat setidaknya selama dua minggu. Langkah ini sering diikuti oleh periode isolasi rumah yang panjang.

Pelancong yang terinfeksi yang baru diidentifikasi telah berada dalam "manajemen loop tertutup" untuk kedatangan dari luar negeri saat memasuki China, menurut media pemerintah - yang berarti mereka tidak secara langsung mengekspos penduduk lokal ke varian tersebut. Tetapi strategi tanpa toleransi China yang ambisius - terdiri dari pengujian massal, lockdown cepat, dan karantina ekstensif - juga disertai dengan biaya ekonomi yang besar, serta tidak kekurangan gangguan pada kehidupan sehari-hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekang Wabah COVID-19 Lebih Ketat Jelang Olimpiade Beijing

Saat Olimpiade Musim Dingin semakin dekat, pihak berwenang menggunakan langkah-langkah yang lebih ketat untuk mengekang wabah lokal, yang terus berkobar dengan frekuensi yang semakin meningkat. Negara ini sekarang telah melaporkan kasus yang ditularkan secara lokal setiap hari selama delapan minggu terakhir.

Pada hari Selasa, Provinsi Zhejiang timur, rumah bagi pusat manufaktur dan ekspor utama negara itu, melaporkan 44 kasus baru, sehingga total beban kasus selama seminggu terakhir di atas 200.

Pihak berwenang di daerah yang terekspos Virus Corona COVID-19 dengan cepat mengkarantina puluhan ribu penduduk, menangguhkan bisnis, acara, dan grup wisata, serta membatalkan penerbangan, feri, dan layanan bus.

Pembatasan perjalanan di daerah berisiko menengah dan tinggi akan berlaku hingga 15 Maret tahun depan -- jauh setelah Olimpiade Musim Dingin berakhir, dan sekitar waktu pertemuan legislatif tahunan negara itu selesai di Beijing. Menjauhkan infeksi dari ibu kota China adalah prioritas utama pemerintah, saat kota itu bersiap untuk Olimpiade pada bulan Februari.

Semua penerbangan dari Kota Ningbo, pusat industri utama, ke Beijing telah dibatalkan, sementara hanya satu penerbangan harian dari Hangzhou, ibu kota provinsi, ke Beijing yang diizinkan.

Di bagian lain negara itu, infeksi COVID-19 juga dilaporkan. Di utara, Inner Mongolia melaporkan 5 kasus bergejala dan 4 infeksi tanpa gejala, sementara Provinsi Heilongjiang dan Shaanxi masing-masing melaporkan satu kasus yang dikonfirmasi, menurut Komisi Kesehatan Nasional.

Di provinsi selatan Guangdong, dua orang di pusat manufaktur Dongguan dinyatakan positif COVID-19 pada hari Senin, mendorong penerapan lockdown lokal.

3 dari 3 halaman

Infografis AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.