Sukses

Menlu AS Antony Blinken Dukung Keterlibatan RI Soal Stabilitas Indo-Pasifik

Menlu AS Antony Blinken memuji kawasan Indo-Pasifik yang ia sebut memiliki potensi ekonomi besar dan luar biasa keberagaman tinggi, seperti adanya ribuan bahasa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Salah satu pembahasan dalam pertemuan itu terkait dengan isu kawasan.

"Kami memiliki komitmen yang kuat untuk membangun kemitraan dengan Indonesia, dan komitmen yang kuat untuk keterlibatan di seluruh kawasan Indo-Pasifik, saya sudah sampaikan hal ini di Universitas Indonesia lebih rinci," kata Antony Blinken dalam press briefing di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

"Kami meyakini masa depan orang-orang di Indo-Pasifik. Itu akan tercermin dari pandangan ASEAN dan tercermin bagaimana Indonesia membawa isu ini," tambah Blinken.

Dalam pernyataannya di Universitas Indonesia, Antony Blinken menyatakan bahwa AS mendukung konsep Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Menlu AS Antony Blinken memuji kawasan Indo-Pasifik yang ia sebut memiliki potensi ekonomi besar dan luar biasa keberagaman tinggi, seperti adanya ribuan bahasa. Ia menjelaskan bahwa diplomat AS mendengarkan keinginan warga Indo-Pasifik.

"Diplomat-diplomat kami memakai kedua telinganya untuk mendengarkan orang-orang dari berbagai latar belakang," ujar Menlu Blinken di Universitas Indonesia.

"Mereka ingin ada lebih banyak peluang untuk terkoneksi antara negara-negara di dunia. Mereka ingin agar Amerika Serikat lebih hadir dan berhubungan, dan yang paling penting mereka menginginkan kawasan yang lebih dan lebih terbuka. Bersama-bersama kita akan bekerja untuk mewujudkan itu," jelas Blinken.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ASEAN Punya 4 Prioritas Kerja Sama

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa ASEAN memiliki ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, dimana terdapat 4 prioritas kerja sama.

"Saatnya bagi ASEAN untuk mengimplementasikan empat kerja sama tersebut dengan mitra eksternalnya secara inklusif," kata Retno Marsudi.

"Kerja sama konkret yang saling menguntungkan akan memberikan kontribusi pada pencapaian stabilitas dan perdamaian di Indo-Pacific."

"Indonesia berharap AS dapat menjadi mitra kerja sama konkret dalam implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific."

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Perbandingan Kapasitas Testing Covid-19 Negara ASEAN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.