Komitmen Kerja Sama Ekonomi, Perdagangan AS-RI Naik 33,9 Persen

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 14 Des 2021, 14:03 WIB
Diperbarui 14 Des 2021, 14:14 WIB
Angka perdagangan AS dan Indonesia pada periode Januari-Oktober 2021 mencapai USD 29,6 miliar yang mengalami kenaikan 33,9% dibanding periode yang sama tahun lalu (Kemlu RI)
Perbesar
Angka perdagangan AS dan Indonesia pada periode Januari-Oktober 2021 mencapai USD 29,6 miliar yang mengalami kenaikan 33,9% dibanding periode yang sama tahun lalu (Kemlu RI)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengapresiasi komitmen kerja asama ekonomi antara Amerika Serikat dan Indonesia. Terbukti dari kenaikan angka perdagangan kedua negara dari tahun sebelumnya.

"Kita memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kerja sama Perdagangan dan investasi," kata Retno Marsudi dalam press briefing secara virtual bersama Menlu AS Antony Blinken pada Selasa (14/12/2021).

"Angka perdagangan Januari-Oktober 2021 mencapai USD 29,6 miliar yang mengalami kenaikan 33,9% dibanding periode yang sama tahun lalu."

Tahun 2020, investasi AS di Indonesia mencapai USD 749,7 juta. Pada 2021 periode Januari-September 2021 sudah mencapai USD 1,3 miliar yang berarti meningkat 73%walaupun masih dalam hitungan 9 bulan.

"Indonesia juga telah menyampaikan harapan kiranya fasilitas GSP tetap dapat diberikan oleh AS," kata Retno Marsudi.

"Kesempatan investasi di Indonesia sangat terbuka lebar, baik di bidang kesehatan, digital dan transisi energi."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Proyek Pembangunan di Sejumlah Bidang

FOTO: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu AS Antony Blinken
Perbesar
Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (tengah) disaksikan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim (kiri) saat pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, 13 Desember 2021. (Agus Suparto, Indonesian Presidential Palace via AP)

Dalam kesempatan tersebut Retno Marsudi dan Antony Blinken turut menindaklanjuti kesepakatan yang sebelumnya pernah dibahas di Glasgow, Inggris.

"Saya juga sampaikan sebagai tindak lanjut dari Supply Chain Summit di Glasgow, dimana Presiden RI diundang oleh Presiden Biden, maka Indonesia mengusulkan pembentukan Task Force on Supply Chain."

"Di bidang pembangunan, Indonesia mengapresiasi komitmen AS dalam Millennium Challenge Corporation (MCC) Compact-2 untuk proyek pembangunan berkelanjutan di Indonesia yaitu pembangunan ekonomi hijau, digitalisasi, akses pendanaan serta kesetaraan gender dan pendanaan bagi UMKM perempuan.


Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin?

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya