Sukses

Bertemu Jokowi, Menlu AS Beri Selamat Presidensi G20 RI hingga Bahas Pandemi COVID-19

Ini merupakan kunjungan perdana Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Asia Tenggara sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melawat ke Indonesia. Ia tiba di Jakarta pada Senin 13 Desember 2021. 

Menlu Antony Blinken kemudian bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pertemuan tersebut, keduanya menekankan pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia dan membahas cara memperkuat hubungan bilateral.

"Menlu Blinken mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas presidensi Indonesia dalam G20," ujar juru bicara Departemen Kementerian Luar Negeri AS Ned Price dalam keterangannya yang dikutip Selasa (14/12/2021).

"Menlu Blinken menyatakan dukungan untuk kepemimpinan Indonesia di Indo-Pasifik sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan pendukung kuat tatanan internasional berbasis aturan," imbuh Ned Price.

Selain itu, ungkap Ned Price, Menlu AS Antony Blinken juga menegaskan kembali komitmen AS terhadap sentralitas ASEAN dan dukungan untuk ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Dalam kunjungan tersebut, papar Ned Price, Menlu Blinken dan Jokowi juga membahas kerja sama bilateral dan regional untuk mengatasi tantangan demokrasi dan hak asasi manusia, serta krisis iklim dan pandemi COVID-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Perdana di Asia Tenggara Diawali Indonesia

Ini merupakan kunjungan perdana Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Asia Tenggara sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari lalu.

Indonesia adalah negara pertama dari tiga negara di Asia Tenggara yang dikunjunginya. Mengawali lawatan yang bertujuan untuk memperkuat hubungan di wilayah yang telah menjadi medan pertempuran strategis antara Washington dan Beijing.

Dalam rangkaian lawatan kunjungan Blinken ke Asia Tenggara ini, ia juga akan mengunjungi Malaysia dan Thailand pekan ini setelah mengunjungi Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.