Sukses

Sudah Vaksin Lengkap, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa Positif COVID-19

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengalami gejala ringan COVID-19.

Liputan6.com, Cape Town - Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menerima perawatan untuk gejala COVID-19 ringan setelah dinyatakan positif pada Minggu (12/12/2021), kata kantor kepresidenan dalam sebuah pernyataan.

Dilansir dari laman CNN, Senin (13/12/2021), ia telah mendelegasikan semua tanggung jawab kepada Wakil Presiden David Mabuza untuk minggu depan.

Ramaphosa "mulai merasa tidak enak badan setelah meninggalkan State Memorial Service untuk menghormati mantan Wakil Presiden FW de Klerk di Cape Town hari ini," kata pernyataan kepresidenan. Presiden sekarang menjalani isolasi mandiri di Cape Town.

Namun dia "dalam semangat yang baik" dan sedang dipantau oleh Layanan Kesehatan Militer Afrika Selatan dari Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan.

"Presiden Ramaphosa mengatakan infeksinya sendiri berfungsi sebagai peringatan bagi semua orang di negara itu untuk divaksinasi dan tetap waspada terhadap paparan. Vaksinasi tetap menjadi perlindungan terbaik terhadap penyakit parah dan rawat inap," kata pernyataan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Varian Omicron

Afrika Selatan, tempat para ilmuwan mengidentifikasi varian baru Omicron, baru-baru ini memasuki gelombang keempat pandemi. 

Lebih dari 25% populasi negara telah sepenuhnya divaksinasi, dengan tambahan 5% divaksinasi sebagian, menurut pelacak vaksin global CNN.

Ramaphosa, yang sudah divaksinasi secara lengkap, baru saja kembali dari perjalanan di Afrika Barat. Dia dinyatakan negatif COVID-19 sekembalinya ke Johannesburg pada 8 Desember, menurut kantornya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.