Sukses

13 Desember 2019: Greta Thunberg, Person of The Year Majalah Time di Usia 16 Tahun

Di usianya yang masih muda, Greta giat menyuarakan suaranya tentang perubahan iklim.

Liputan6.com, Stockholm - Dua tahun yang lalu, Greta Thunberg dinobatkan sebagai Person of the Year dalam majalah Time pada usia 16 tahun.

Aktivis iklim Swedia itu menjadi Person of the Year pertama yang lahir di abad ke-21 dan termuda yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Thunberg memulai aktivisme lebih awal, meyakinkan orang tuanya untuk menjadi vegan, mengurangi jejak karbon mereka, dan menghindari perjalanan jalur udara. 

Pada 2018, terinspirasi oleh aktivis pengendalian senjata remaja di Amerika Serikat, dia memulai pemogokan sekolah yang menyebar ke seluruh Swedia dan ke negara-negara Eropa lainnya. 

Tak lama setelah itu, Thunberg memberikan pidato di seluruh Eropa dan telah menjadi salah satu wajah aktivis iklim yang paling dikenal, seperti dilansir dari History, Senin (13/12/2021).

Thunberg menyampaikan pesannya dengan perasaan mendesak, "Rumah kita terbakar," katanya. Pernyataannya mengejutkan publik, terlebih karena itu berasal dari seorang anak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Munculnya Gerakah Matahari Terbit

Pada Agustus 2019, Greta Thunberg berlayar dengan kapal pesiar balap bertenaga surya melintasi Samudra Atlantik untuk mempromosikan transit karbon-netral. 

Setelah tiba di New York, dia bersaksi di depan Kongres Amerika Serikat dan KTT Aksi Iklim PBB, di mana dia secara khas blak-blakan: "Anda telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong anda.

Namun, saya salah satu yang beruntung. Orang-orang menderita. Orang-orang sekarat. Seluruh ekosistem runtuh, katanya.

Kita berada di awal kepunahan massal. Dan yang bisa anda bicarakan hanyalah uang dan dongeng tentang pertumbuhan ekonomi abadi. Beraninya anda!"

Meskipun pesan dan perilaku Thunberg menyinggung banyak orang di sebelah kanan, aktivismenya telah membuat gelombang di seluruh dunia.

Sampul Time yang mengumumkannya sebagai Person of the Year juga disebut-sebut sebagai "The Power of Youth", yang menandakan munculnya Gerakan Matahari Terbit dan aktivisme iklim lainnya yang dipimpin oleh kaum muda di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

 

Reporter: Cindy Damara

3 dari 3 halaman

Infografis Alasan Pembatalan PPKM Level 3 Periode Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.