Sukses

Perusahaan Swiss Buat Kapsul Bunuh Diri bagi yang Ingin Renggut Nyawa Sendiri

Sebuah perusahaan di Swiss menciptakan kapsul (pod) yang dapat membantu seseorang melakukan bunuh diri (assisted suicide), dengan mengatakan bahwa alat tersebut bisa digunakan pada awal tahun 2022.

Liputan6.com, Bern - Sebuah perusahaan di Swiss menciptakan kapsul (pod) yang dapat membantu seseorang melakukan bunuh diri (assisted suicide), dengan mengatakan bahwa alat tersebut bisa digunakan pada awal tahun 2022.

Sarco, nama perusahaan itu, membuat kapsul tersebut dengan metode '3D printing'. Mereka juga menyewa seorang ahli hukum Swiss, yang menemukan bahwa mesin itu tidak melanggar hukum apa pun di negara itu.

Tetapi pengacara lain mempertanyakan temuannya, menggarisbawahi kembali topik bunuh diri yang dibantu atau assisted suicide yang merupakan isu kontroversial di kalangan medis dan etis.

Swiss dikenal sebagai rumah bagi beberapa organisasi yang memberikan layanan assisted suicide untuk orang dengan kondisi medis yang tak dapat disembuhkan dan memberikan mereka penderitaan hidup.

Permintaan itu disebut cukup banyak, dengan salah satu perusahaan ternama, Dignitas mengatakan tidak mungkin untuk memenuhi "banyak penerimaan".

Bunuh diri yang dibantu, di mana seseorang diberi sarana untuk mengakhiri hidup mereka sendiri, adalah legal di Swiss. Sekitar 1.300 orang tewas di sana dengan cara ini pada tahun 2020.

Baik bunuh diri dan euthanasia yang dibantu, di mana seorang dokter mengakhiri hidup seseorang yang ingin mati, adalah ilegal di Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdebatan Hukum dan Metode Saat Ini

Metode saat ini yang digunakan di Swiss adalah untuk menyediakan orang dengan serangkaian cairan yang, jika ditelan, akan mengakhiri hidup seseorang.

Sebaliknya, pod dari Sarco - yang dapat ditempatkan di mana saja - dibanjiri dengan nitrogen, mengurangi kadar oksigen dengan cepat.

Proses ini akan membuat orang di dalam kehilangan kesadaran dan mati dalam waktu sekitar 10 menit.

Pod bunuh diri diaktifkan dari dalam dan juga memiliki tombol darurat untuk keluar.

Daniel Huerlimann, seorang ahli hukum dan asisten profesor di University of St Gallen, diminta oleh Sarco untuk mengeksplorasi apakah penggunaan pod bunuh diri akan melanggar hukum Swiss.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa temuannya menunjukkan pod itu "bukan merupakan perangkat medis", jadi tidak akan dicakup oleh Swiss Therapeutic Products Act.

Dia juga percaya itu tidak akan melanggar undang-undang yang mengatur penggunaan nitrogen, senjata atau keamanan produk.

"Ini berarti bahwa pod tidak tercakup oleh hukum Swiss," katanya.

Tetapi Kerstin Noelle Vkinger, seorang dokter, pengacara dan profesor di University of Zurich, mengatakan kepada surat kabar Swiss Neue Zurcher Zeitung:"Perangkat medis diatur karena seharusnya lebih aman daripada produk lainnya. Hanya karena suatu produk tidak bermanfaat bagi kesehatan tidak berarti bahwa itu tidak juga dipengaruhi oleh persyaratan keamanan tambahan ini. "

Dan Dignitas mengatakan kepada BBC: "Selama 35 tahun sekarang, melalui dua kelompok Swiss Exit dan selama 23 tahun juga dengan Dignitas, Swiss memiliki praktik profesional disertai bunuh diri dengan staf terlatih, bekerja sama dengan dokter.

"Mengingat praktik yang mapan, aman dan didukung secara profesional ini, kami tidak akan membayangkan bahwa kapsul technologised untuk akhir hidup yang ditentukan sendiri akan memenuhi banyak penerimaan atau minat di Swiss."

 

3 dari 3 halaman

Komersialisasi Kematian?

Jika mesin mendapat lampu hijau untuk digunakan di Swiss, pod tidak akan ditawarkan untuk dijual dengan cara konvensional.

Sebaliknya, pencipta kapsul Dr Philip Nitschke, mengatakan ia berencana untuk membuat cetak biru tersedia sehingga siapa pun bisa men-download desain. Ini akan tersedia secara gratis.

Tujuannya adalah untuk "mengurangi proses kematian", katanya dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di situs web Exit International, sebuah badan amal kematian yang dibantu secara sukarela yang ia dirikan.

"Kami ingin menghapus segala jenis tinjauan psikiatris dari proses dan memungkinkan individu untuk mengendalikan metode itu sendiri."

Dia telah lama berkampanye untuk hak untuk mati, memberinya julukan "Dr Death".

Saat ini ada dua prototipe pod Sarco, dengan yang ketiga dicetak di Belanda.

Dr Nitschke sebelumnya telah menghadapi kritik untuk pod, dengan beberapa mengatakan bahwa desain futuristiknya glamor bunuh diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.