Sukses

Riset: Operasi Mata Katarak Terkait dengan Rendahnya Risiko Demensia pada Lansia

Operasi katarak sering dilakukan untuk membalikkan penurunan alami dalam penglihatan seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Washington - Operasi katarak sering dilakukan untuk membalikkan penurunan alami dalam penglihatan seiring bertambahnya usia. Sekarang, sebuah studi asosiasi baru menggarisbawahi manfaat yang lebih luas yang dapat dimiliki prosedur semacam itu pada kesehatan seseorang – terutama ketika datang untuk mengurangi risiko demensia.

Katarak adalah daerah berawan yang berkembang di lensa mata seiring bertambahnya usia, menyebabkan warna memudar dan penglihatan menjadi lebih buram. Operasi katarak menggantikan lensa berawan ini dengan lensa buatan untuk meningkatkan penglihatan lagi.

Pada pandangan pertama, mungkin tampak aneh bahwa ini bisa ada hubungannya dengan risiko mengembangkan demensia, tetapi gangguan sensorik dan kehilangan penglihatan khususnya diketahui mempengaruhi fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Dengan demikian, tim di balik penelitian itu, yang dipimpin oleh dokter mata Cecilia Lee dari University of Washington, berhipotesis bahwa "orang dewasa yang lebih tua dengan katarak yang menjalani ekstraksi katarak mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena demensia" dibandingkan dengan orang yang tidak menerima prosedur tersebut, demikian seperti dikutip dari Sciencealert, Sabtu (11/12/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses dan Hasil Penelitian

Untuk menguji hipotesis mereka, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan sebagai bagian dari studi Adult Changes in Thought yang sedang berlangsung, sebuah studi kohort prospektif jangka panjang yang dimulai pada tahun 1994 yang dirancang untuk mempelajari perkembangan demensia.

Kumpulan data mereka termasuk 3.038 peserta bebas demensia di atas 65 tahun yang didiagnosis dengan katarak atau glaukoma. Dari peserta tersebut, 853 mengembangkan demensia, dengan 709 dari kasus-kasus tersebut adalah penyakit Alzheimer.

Mereka yang menjalani operasi katarak hampir 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia setidaknya selama 10 tahun ke depan, dengan penurunan risiko yang sama ketika datang ke penyakit Alzheimer secara khusus.

Namun, tidak ada perubahan risiko untuk mengembangkan demensia di antara mereka yang melakukan atau tidak menjalani operasi glaukoma pada periode yang sama – prosedur yang dapat membantu menghentikan gangguan penglihatan lebih lanjut, tetapi tidak memperbaikinya dengan cara yang sama seperti operasi katarak.

"Hasil ini konsisten dengan gagasan bahwa input sensorik ke otak penting untuk kesehatan otak," kata rekan penulis studi Eric Larson,seorang peneliti senior di Kaiser Permanente Washington Health Research Institute.

Hasilnya disesuaikan dengan berbagai faktor yang berhubungan dengan kesehatan, termasuk kebiasaan merokok, diabetes,riwayat penyakit jantung, dan hipertensi – tetapi hubungan yang kuat antara operasi katarak dan penurunan risiko mengembangkan demensia tetap ada.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab Mengapa Hal Itu Terjadi

Ada banyak alasan potensial mengapa hal ini mungkin terjadi. Berurusan dengan gangguan penglihatan di usia tua dapat menyebabkan kesulitan sosial, dan orang tersebut dapat menarik diri dari kehidupan dan teman, mengurangi aktivitas dan olahraga mereka, "yang semuanya terkait dengan penurunan kognitif", tulis tim.

Atau, cara katarak merusak penglihatan dapat menyebabkan perubahan spesifik di otak, mempercepat beberapa mekanisme yang menyebabkan neuron bekerja kurang efisien dan menyebabkan peningkatan masalah kognitif di usia tua.

Selain itu, tim juga berhipotesis bahwa itu mungkin ada hubungannya dengan input sensorik berkualitas lebih baik yang bepergian dari mata ke otak setelah operasi dilakukan.

"Beberapa sel khusus di retina dikaitkan dengan kognisi dan mengatur siklus tidur, dan sel-sel ini merespon dengan baik terhadap cahaya biru," kata Lee. "Katarak secara khusus memblokir cahaya biru, dan operasi katarak dapat mengaktifkan kembali sel-sel itu."

Sementara hubungan antara penglihatan yang buruk dan peningkatan risiko demensia sudah ada di radar penelitian, ini adalah studi pertama yang menilai risiko demensia sambil membandingkan operasi katarak dengan prosedur mata bedah lainnya.

Dengan demensia yang mempengaruhi sekitar 50 juta orang di seluruh dunia, dan tidak ada pengobatan atau penyembuhan yang efektif yang tersedia, apa pun yang dapat kita pelajari tentang pencegahan adalah jalan penyelidikan yang benar-benar berharga.

Para peneliti berharap pekerjaan mereka dapat mendorong lebih banyak penyelidikan tentang hubungan antara gangguan penglihatan di usia tua dan risiko demensia.

"Bukti semacam ini sama baiknya dengan yang didapat dalam epidemiologi," kata Lee. "Ini benar-benar menarik karena tidak ada intervensi medis lain yang menunjukkan hubungan yang kuat dengan mengurangi risiko demensia pada individu yang lebih tua."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini