Sukses

Duolingo: Orang Indonesia Hobi Belajar Bahasa Inggris dan Korea di 2021

Dua pelajaran bahasa favorit orang Indonesia mungkin tak sulit ditebak.

Liputan6.com, Jakarta - Situs Duolingo merilis laporan bahasa favorit yang dipelajari para netizen di dunia. Tahun 2021 ini spesial karena bahasa-bahasa dari Asia meraih popularitas tinggi. 

Kekuatan K-Pop hingga anime tampaknya berhasil menarik peminat bahasa Korea dan bahasa Jepang. Duolingo menyorot 18 persen pelajar bahasa Jepang adalah karena faktor budaya.

"Dunia makin tertarik ke hiburan Korea dan Jepang, mendengarkan lebih banyak K-Pop, dan mengubah pelajaran bahasa sebagai sesuatu yang kamu lakukan untuk melengkapi dan mendukung minat-minatmu dan aktivitas-aktivitas lainnya," jelas Cindy Blanco, pakar bahasa dan data di Duolingo, dikutip Sabtu (11/12/2021).

Selain itu, Duolingo melihat lembaga-lembaga pendidikan mulai mengurangi anggaran pelajaran bahasa. Tetapi, nyatanya masyarakat tetap berminat belajar bahasa sebagai kebutuhan manusiawi.

Alhasil, mereka tertarik mempelajari beragam bahasa, termasuk bahasa daerah seperti Guaraní.

"Data kita menunjukkan bahwa pelajar lebih tertarik belajar bahasa-bahasa untuk alasan-alasan personal, budaya, dan hiburan, yang membuat mereka mempelajari bahasa-bahasa yang beragam," tegas Blanco.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Favorit Netizen Indonesia

Berdasarkan laporan Duolingo, bahasa Inggris masih menjadi bahasa favorit di dunia, termasuk di Indonesia. 

Terlihat, ada banyak sekali negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang belajar bahasa Inggris. 

Negara-negara yang lebih umum berbahasa Inggris tentu memilih belajar bahasa lain. Netizen di Filipina dan Malaysia lebih suka belajar bahasa Jepang, sementara orang Australia suka bahasa Prancis.

Laporan bahasa Duolingo 2021. Dok: Duolingo

Selanjutnya, orang Indonesia suka belajar bahasa Korea untuk favorit kedua. Hal serupa juga terjadi di Malaysia, Filipina, dan Myanmar.

Sementara, orang Thailand suka bahasa Jepang, dan orang Vietnam suka memilih bahasa Mandarin sebagai favorit kedua.

Netizen Jepang pun makin suka belajar bahasa Korea. Menariknya, netizen China dan Taiwan justru suka belajar bahasa Jepang, sementara netizen di Korea suka belajar bahasa Korea.

Duolingo terkadang dipakai oleh orang asing yang bekerja di suatu negara, sehingga ada kemungkinan netizen di Korea yang belajar bahasa Korea berasal dari luar negeri.

3 dari 3 halaman

10 Bahasa Terpopuler di Duolingo

Berdasarkan data Duolingo, berikut 10 bahasa terpopuler di 2021: 

1. Inggris

2. Spanyol

3. Prancis

4. Jerman

5. Jepang

6. Italia

7. Korea

8. China

9. Rusia

10. Portugis

Data diambil dari 1 Oktober 2020 hingga 30 September 2021. Total pelajar di Duolingo mencapai 500 juta. Semua pelajaran di Duolingo bisa diakses gratis melalui situs dan aplikasi. 

Klik di sini untuk mengunjungi Duolingo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini