Sukses

8 Orang Terkenal di China yang Dikabarkan Hilang Misterius, Beberapa Sudah Kembali

Berikut ini beberapa tokoh di China itu yang dikabarkan menghilang secara misterius.

, Beijing - Hilangnya bintang tenis China Peng Shuai telah mendominasi berita internasional dalam beberapa hari terakhir, tetapi di China justru hampir tidak terdengar kabar tersebut.

Peng – mantan putri ganda nomor satu dunia – belum terdengar kabarnya dalam lebih dari dua minggu, sejak dia memposting pernyataan panjang ke Weibo yang menuduh mantan wakil perdana menteri negara itu, Zhang Gaoli, melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Peristiwa hilangnya sosok terkemuka di China ternyata bukan kali pertama terjadi.

Berikut ini beberapa tokoh di negeri itu yang dikabarkan menghilang secara misterius --beberapa diantaranya sudah terlihat kembali di publik-- dikutip dari DW Indonesia, Jumat (10/12/2021):

1. Peng Shuai

Petenis China Peng Shuai dalam pertandingan putaran kedua tunggal putri turnamen tenis Prancis Terbuka The Roland Garros 2018 di Paris, 31 Mei 2018. (Eric FEFERBERG/AFP)

Dalam posting 2 November, Peng mengatakan dia dan Zhang, sekarang berusia 75 tahun, selama beberapa tahun memiliki "hubungan" di luar nikah.

Peng mengatakan Zhang telah berhenti menghubunginya setelah dia naik di jajaran partai Komunis, tetapi kemudian sekitar tiga tahun yang lalu mengundangnya untuk bermain tenis bersamanya dan istrinya dan kemudian menyerangnya secara seksual di rumahnya.

Posting itu menghilang dalam waktu kurang dari setengah jam, komentar dinonaktifkan di akunnya, referensi untuknya dihapus dari internet China, dan bahkan kata kunci yang paling tidak berbahaya terkait seperti "tenis" disensor di media sosial, The Guardian mewartakan, dikutip pada Sabtu 20 November 2021.

Shuai akhirnya muncul kembali di Beijing dan mengadakan panggilan video dengan Presiden IOC Thomas Bach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

2. Ren Zhiqiang

Pada Februari 2020, Ren Zhiqiang, mantan taipan real estat dan pengkritik Presiden Xi Jinping, menulis esai yang mengkritik otoritas China atas kegagalan mereka menanggapi pandemi COVID-19 dan menyebut Xi sebagai "badut."

Setelah postingan itu, ia menghilang dari pandangan publik dan pada akhir tahun 2020 dijatuhi hukuman 18 tahun penjara karena kasus korupsi.

3 dari 9 halaman

3. Chen Qiushi

Pada awal tahun 2020, jurnalis Chen Qiushi pergi ke Wuhan, pusat pandemi COVID-19, dan membuat video tentang apa yang terjadi di kota tersebut.

Pada Februari 2020, ia dibawa pergi oleh pihak berwenang dan muncul kembali 600 hari kemudian. "Selama satu tahun delapan bulan terakhir, saya telah mengalami banyak hal. Ada yang bisa dibicarakan, ada yang tidak," ujarnya.

4 dari 9 halaman

4. Lu Guang

Pada akhir tahun 2018, Lu Guang, seorang fotografer yang berbasis di AS, dibawa pergi oleh pejabat keamanan negara saat bepergian di provinsi Xinjiang barat China, pusat tindakan keras Beijing terhadap Muslim Uighur. Penangkapan Lu menarik perhatian internasional dan kecaman luas.

Pada September 2019, istri Lu mencuitkan bahwa suaminya telah dibebaskan beberapa bulan sebelumnya dan aman di rumah.

5 dari 9 halaman

5. Meng Hongwei

Pada Oktober 2018, mantan Presiden Interpol China, Meng Hongwei, menghilang di tengah masa jabatan empat tahunnya saat dalam perjalanan ke China.

Belakangan diketahui bahwa dia ditahan, dituduh melakukan suap, dan kejahatan lainnya. Interpol kemudian mengumumkan bahwa Meng telah mengundurkan diri dari jabatannya. Dia kemudian dijatuhi hukuman lebih dari 13 tahun penjara.

6 dari 9 halaman

6. Ai Weiwei

Ai Weiwei, seniman dan aktivis terkenal di China. Dia bahkan membantu merancang stadion Sarang Burung Olimpiade Beijing 2008 sebelum berselisih dengan pihak berwenang China.

Pada tahun 2011, Ai ditangkap di bandara Beijing dan menghabiskan 81 hari dalam tahanan tanpa dakwaan. Setelah diizinkan meninggalkan China pada 2015, ia tinggal di Jerman dan Inggris. Namun, sejak 2021 dia menetap di Portugal.

7 dari 9 halaman

7. Jack Ma

Jack Ma, pendiri perusahaan Alibaba, sempat tidak diketahui keberadaannya setelah mengkritik regulator Cina dalam pidato pada Oktober 2020.

Meskipun ada desas-desus bahwa Ma ditahan, teman-temannya mengatakan itu tidak benar. Dua bulan kemudian Ma muncul kembali dalam sebuah pesan video, tetapi tidak menyebutkan hilangnya dia dari sorotan publik.

8 dari 9 halaman

8. Zhao Wei

Zhao Wei tidak terlihat di depan umum sejak Agustus 2021. Beijing telah memastikan bahwa dia "terhapus" dari sejarah, saat film dan acara TV-nya tak lagi muncul di platform streaming online tanpa penjelasan.

Namanya juga telah dihapus dari kredit film dan program TV. Meskipun Wei dilaporkan terlihat di China timur pada September, keberadaan pastinya masih belum jelas.

9 dari 9 halaman

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini