Sukses

Inggris dan Kanada Ikut Serta Boikot Olimpiade Beijing 2022

Mengikuti jejak AS dan Australia, Inggris dan Kanada juga memboikot Olimpiade Beijing 2022.

Liputan6.com, London - Inggris dan Kanada telah menjadi negara terbaru yang mengumumkan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang akan diadakan pada Februari 2022.

Pada hari Rabu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan tidak ada menteri yang akan hadir karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia di China, yang dibantah keras oleh Beijing.

Dilansir dari BBC, Kamis (9/12/2021), Kanada mengikuti langkah tersebut di kemudian hari, juga mengutip masalah hak asasi manusia. Itu terjadi setelah pengumuman serupa oleh AS dan Australia awal pekan ini.

China telah mengutuk AS atas keputusannya dan mengancam akan melakukan pembalasan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pengumuman Boris Johnson dibuat setelah mantan pemimpin Konservatif Iain Duncan Smith menyerukan "boikot diplomatik" dari acara olahraga besar tersebut. 

Johnson mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia biasanya tidak mendukung "boikot olahraga".  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kanada Ikut Boikot

Di Ottawa, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan kepada wartawan bahwa boikot negara itu tidak akan "mengejutkan China".

"Kami telah sangat jelas selama bertahun-tahun terakhir tentang keprihatinan mendalam kami seputar pelanggaran hak asasi manusia."

Thomas Bach, presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), mengatakan bahwa, terlepas dari meningkatnya jumlah boikot politik, IOC senang bahwa para atlet masih dapat ambil bagian.

“Kehadiran pejabat pemerintah merupakan keputusan politik masing-masing pemerintahan sehingga prinsip netralitas IOC berlaku,” ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan meningkat antara China dan beberapa negara Barat, karena sejumlah masalah diplomatik.

AS menuduh China melakukan genosida dalam penindasannya terhadap minoritas Uyghur yang mayoritas Muslim di wilayah barat Xinjiang - sebuah tuduhan yang berulang kali ditolak China. 

Hubungan antara Kanada dan China semakin bergejolak setelah penangkapan pada 2018 di Kanada terhadap seorang eksekutif puncak dengan raksasa teknologi China Huawei atas permintaan pejabat AS, dan penahanan berikutnya terhadap dua warga Kanada di China. Ketiganya dirilis awal tahun ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Asal-usul Suku Uighur:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.