Sukses

China Investigasi Objek Misterius di Bulan Mirip Gubuk, Milik Alien?

China sedang eksplorasi Bulan. Ada sesuatu misterius yang mereka temukan.

Liputan6.com, Bulan - Rover milik China mengidentifikasi objek misterius di Bulan. Objek tersebut tampak seperti gubuk atau rumah. Milik alien?

Dilaporkan Live Science, Rabu (8/12/2021), rover Yutu 2 itu melihat objek tersebut dari jarak 80 meter. Foto itu disebar oleh program Our Space pemerintah China di platform Weixin.

"Rumah" itu terlihat menonjol di tengah hamparan Bulan yang rata.

"Apakah itu sebuah rumah yang didirikan oleh alien setelah pendaratan?" ujar peneliti Our Space dengan gaya bercanda. "Atau apakah itu pionir pesawat luar angkasa dari para pendahulu yang menjelajah Bulan?"

Meski demikian, Live Science memperkirakan rumah tersebut mungkin bukan milik alien. Bahkan, realitanya mungkin lebih membosankan dari ekspektasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realita

Live Science menyebut temuan ini mungkin tidak sensasional seperti di film 2001: A Space Odyssey. Kemungkinan besar penjelasannya membosankan.

Objek misterius itu mungkin hanya salah satu bongkahan besar di Bulan. Bongkahan itu kemungkinan besar terangkat dari permukaan Bulan ketika ada tabrakan yang terjadi.

Sebagai informasi, ada teori yang menyebut bahwa Bulan terbentuk dari hasil tabrakan antara Bumi  dan obyek luar angkasa pada zaman dahulu.

Penjelasan utuh mengenai "rumah" alien itu baru dapat diketahui jika Yutu 2 milik China sudah semakin dekat. Diprediksi bahwa Yutu 2 baru bisa mendekat dalam dua sampai tiga bulan.

Yutu 2 menjelajah Bulan setelah diantar Chang'e 4 lunar lander pada Januari 2019. Nama Yutu berarti "kelinci giok", semenara Chang'e adalah dewi bulan dalam mitologi China yang dikejar-kejar oleh Panglima Tian Feng (Cu Pat Kai).

3 dari 3 halaman

Infografis Varian Baru Omicron Hantui Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini