Sukses

4 Kata-Kata Esensial yang Tidak Ada dalam Beberapa Bahasa di Dunia

Berikut ini adalah kata-kata yang bisa dianggap penting dalam komunikasi sehari-hari, tetapi tidak dimiliki oleh beberapa bahasa di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa adalah sebuah aspek yang kompleks. Proses mempelajari bahasa juga rumit dan memerlukan waktu yang sangat lama untuk dapat menguasainya.

Bahasa digunakan untuk komunikasi dengan menyusun rangkaian kata menjadi sesuatu yang disebut sebagai tata bahasa. Menariknya, bahasa yang kita gunakan sekarang, dipercayai ilmuwan berkembang dari serangkaian gerakan tangan saja.

Ada banyak sekali bahasa yang tidak kita kenal karena jumlahnya yang sangat banyak. Tiap-tiap bahasa bahkan memiliki kata, padanan, dan penulisan berbeda.

Ada pula bahasa yang tidak memiliki kata-kata yang kita anggap sebagai kata-kata esensial dalam sehari-hari, dan entah bagaimana mereka bisa berhasil menyampaikan pesan tanpa kata-kata ini. Mengutip dari Mental Floss, Selasa (7/12/2021), berikut adalah kata-kata esensial yang tidak ada dalam beberapa bahasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kiri atau Kanan

Bahasa Inggris, bersama dengan sebagian besar bahasa di dunia menggunakan apa yang oleh ahli bahasa disebut deskripsi spasial egosentris atau relatif. Jadi, jika Anda menggambarkan di mana sesuatu berada, Anda akan memberikan deskripsi yang mengacu pada bagaimana posisinya relatif terhadap Anda: "Sakelar lampu ada di sebelah kiri saya. TV ada di sebelah kanan Anda."

Demikian juga, jika Anda diminta untuk memberikan petunjuk arah, Anda akan menggambarkan rute relatif terhadap posisi Anda di sepanjang itu di setiap titik: "Belok kiri di lampu lalu lintas, lalu ambil belok kanan kedua."

Masalah dengan deskripsi egosentris seperti ini, bagaimanapun, adalah bahwa mereka terus menerus berubah saat kita mengubah posisi kita yang diperlukan untuk kiri dan kanan Anda seperti saat ini untuk menjadi maju dan mundur Anda adalah putaran 90 derajat.

Namun, penutur bahasa Aborigin Australia bernama Guugu Yimithirr tidak memiliki masalah ini. Sebaliknya, mereka memiliki kesadaran spasial yang fantastis. Guugu Yimithirr, atau Guguyimidjir, tidak memiliki kata untuk kiri dan kanan.

Sebaliknya, pembicara memberikan semua deskripsi dan arah mereka berdasarkan kira-kira pada empat titik mata angin tetap dari kompas: utara, selatan, timur dan barat. Jadi saklar lampu mungkin ke barat Anda saat Anda memasuki ruangan, televisi ke timur Anda.

Anda mungkin berbelok ke utara di lampu lalu lintas, lalu ambil jalan kedua di timur. Rasa tempat ini bahkan terbawa ke benda mati, jadi jika pembaca buku menghadap ke utara, mereka akan membalik halaman dari timur ke barat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penutur Guugu Yimithirr pada dasarnya memiliki kompas built-in yang ditanamkan ke dalam diri mereka pada masa bayi melalui penguatan konstan dari titik kompas dalam percakapan sehari-hari.

Kata utara, selatan, timur, dan barat saja mencakup sekitar 10 persen dari percakapan khas Guugu Yimithirr, yang berarti bahwa sebagian besar penutur mengembangkan sistem arah yang berfungsi penuh pada usia 8 tahun. Dan dengan indra arah seperti itu, siapa yang butuh kiri dan kanan?

3 dari 6 halaman

2. Angka

Jadi kita tahu bahwa suatu bahasa dapat melakukannya tanpa kiri dan kanan, tetapi angka? Nah, bahasa orang Pirah di Amazon tidak hanya tidak memiliki konsep angka gramatikal (artinya kata benda tidak memliki bentuk tunggal dan jamak yang berbeda), tetapi juga tidak memiliki kata untuk angka tertentu.

Ada anggapan bahwa kata Pirah, hói (diucapkan dengan O tinggi) berarti "satu", sedangkan hoí (diucapkan dengan I tinggi) berarti "lebih dari satu". Namun, penelitian berikutnya tampaknya menemukan bahwa hói berarti "ukuran atau jumlah kecil", sedangkan hoí berarti "ukuran atau jumlah besar".

Frasa ketiga, bá gì sò (secara harfiah "menyebabkan untuk datang bersama") digunakan untuk berarti "banyak". Namun, untuk angka-angka tertentu, tidak ada satu pun di Pirah. Hal ini mungkin menjadikannya satu-satunya bahasa di dunia yang tidak memiliki konsep penghitungan.

4 dari 6 halaman

3. Warna

Dalam karya sastra besar Yunani Kuno, referensi tentang warna sangat membingungkan, dalam Hormer's Odyssey, domba digambarkan sebagai "berwarna anggur" dan madu sebagai "hijau daun". Selain itu, deskripsi warna sangat jarang sehingga beberapa ahli klasik abad ke-19 berteori bahwa orang Yunani belum mengembangkan kemampuan untuk melihat dan menghargai spektrum secara penuh.

Dalam penelitian Studies on Homer and the Homeric Age pada 1858, William Gladstone menulis:

"Material, oleh karena itu, untuk sistem warna tidak menawarkan diri untuk visi Homer seperti yang mereka lakukan pada kita. Warna-warna tertentu memang dipamerkan dalam keindahan yang langka, seperti birunya laut dan langit. Namun warna-warna ini, bisa dikatakan, merupakan bagian-bagian yang terisolasi; dan, tidak masuk ke dalam skema umum, mereka tampaknya tidak dipahami dengan presisi yang diperlukan untuk menguasainya."

Ia menyimpulkan bahwa organ warna dan kesan-kesannya sebagian berkembang di antara orang-orang Yunani pada zaman kepahlawanan. Teori Gladstone telah diabaikan pada masa ini mungkin karena ada kata-kata untuk warna dalam bahasa Yunani Kuno.

Namun, apakah benar ada bahasa yang tidak mengandung warna? Beberapa bahasa telah mengurangi palet warna, seperti orang Himba di Namibia yang hanya membedakan antara warna gelap, hijau dan biru, putih, serta nuansa tertentu dari cokelat dan merah.

Kembali ke bahasa orang Pirah, mereka tidak memiliki kata-kata untuk warna, sebagai gantinya dibiarkan menggunakan imajinasi mereka untuk membentuk perbandingan metafora yang tidak standar. Jadi sesuatu yang merah bisa disebut "seperti darah", sesuatu yang hijau "seperti rumput", dan seterusnya.

Penutur Pirah tentu saja dapat mengenali warna, tetapi bahasa mereka tidak menyediakan kata-kata sederhana untuk menggambarkannya.

5 dari 6 halaman

4. Ya atau Tidak

Untuk penutur bahasa Inggris, fakta bahwa suatu bahasa dapat melakukannya tanpa kata-kata tepisah untuk ya dan tidak mungkin tampak aneh, tetapi itu bukan fenomena yang langka. Bahasa Irlandia misalnya, tidak memiliki terjemahan langsung ya atau tidak, dan sebaliknya memberikan jawaban afirmatif dan negatif hanya dengan mengulangi kata kerja dalam pertanyaan.

"Apakah kamu keluar tadi malam?" "(Did) keluar", "Apakah kamu lapar?" "(Am not) saya tidak." Hal yang sama berlaku untuk bahasa Celtic lainnya, termasuk Scots Gaelic dan Welsh.

Metode menjawab pertanyaan ini dikenal sebagai respons gema. Ini digunakan bahkan dalam bahasa (seperti bahasa Inggris) yang memiliki ya dan tidak, tetapi hanya digunakan sebagai pilihan. Satu-satunya cara untuk menjawab pertanyaan ya atau tidak di Irlandia hanya dengan respons gema.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

6 dari 6 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini