Sukses

Thailand Deteksi Kasus Pertama Varian Baru COVID-19 Omicron

Varian Omicron kasus pertama dilaporkan telah terdeteksi di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand telah mendeteksi kasus pertama varian baru COVID-19 Omicron pada seorang warga negara AS yang melakukan perjalanan ke negara itu dari Spanyol akhir bulan lalu. Kata seorang pejabat kesehatan hari Senin ini.

Kasus Varian Omicron yang dikonfirmasi pada pria itu, yang tiba pada 29 November, menjadikan Thailand negara ke-47 yang menemukan varian baru, kata Dr Opas Karnkawinpong, Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, dalam konferensi pers. Demikian seperti dikutip dari laman Straits Times, Senin (6/12/2021). 

"Kasus varian Omicron pertama yang dikonfirmasi ini adalah seorang pria berusia 35 tahun yang merupakan warga negara AS yang tinggal di Spanyol selama satu tahun," kata Dr Opas seraya menambahkan bahwa pasien tersebut memiliki gejala ringan.

Dr Opas mengatakan otoritas kesehatan Thailand sedang melakukan tes lebih lanjut terhadap orang-orang yang telah melakukan kontak dengan pria itu, tetapi mengatakan semua kontak sejauh ini berisiko rendah. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyelidikan Lebih Lanjut

Sejauh ini Thailand melarang pelancong dari delapan negara Afrika termasuk Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan dan Zimbabwe pada awal Desember di tengah kekhawatiran tentang varian Omicron. 

Dr Opas mengatakan pihak berwenang juga membatasi perjalanan dari negara-negara Afrika lainnya dan memantau lebih banyak kasus potensial di antara para pelancong internasional. 

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.