Sukses

Paus Fransiskus Kecam Perlakuan Negara Eropa Terhadap Para Migran

Paus Fransiskus menanggapi krisis migran yang terjadi di Eropa.

Liputan6.com, Roma - Paus Fransiskus mengecam "kepentingan pribadi dan nasionalisme yang sempit" atas cara negara-negara Eropa memperlakukan para migran.

Dikutip dari laman BBC, Senin (6/12/2021), ketika ia berbicara di pulau Lesbos Yunani, Paus Fransiskus menyebut pengabaian para migran sebagai "peradaban yang karam".

Paus pertama kali mengunjungi Lesbos pada tahun 2016, ketika itu adalah titik masuk utama bagi orang-orang yang mencoba mencapai Eropa.

Sejak itu, titik nyala baru telah muncul dan Paus menyatakan penyesalannya bahwa hanya sedikit yang berubah.

Bulan lalu, 27 orang tewas ketika perahu karet mereka tenggelam di Selat antara Prancis dan Inggris. Jumlah orang yang mencoba menyeberang telah bertambah, dengan lebih dari 26.000 orang tiba di Inggris sepanjang tahun ini, lebih dari dua kali lipat total tahun lalu. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Krisis Migran di Eropa

Beberapa orang juga tewas dalam suhu beku saat mencoba menyeberang ke Polandia dari Belarus, yang menyangkal tuduhan telah mengatur krisis di perbatasannya untuk mengacaukan Uni Eropa. 

"Di Eropa ada orang-orang yang bertahan dalam memperlakukan masalah sebagai masalah yang tidak menjadi perhatian mereka - ini tragis," kata Paus Fransiskus.

"Sejarah mengajarkan kita bahwa kepentingan pribadi dan nasionalisme yang sempit mengarah pada konsekuensi yang menghancurkan."

Paus berbicara di sebuah kamp sementara yang menampung sekitar 2.000 pencari suaka, yang menggantikan kamp Moria yang penuh sesak yang hancur dalam kebakaran tahun lalu.

Sementara pandemi virus corona telah menunjukkan bahwa tantangan besar harus dihadapi bersama dan ada beberapa tanda ini terjadi pada perubahan iklim, ada sedikit tanda dari pendekatan seperti itu terhadap migrasi, katanya.

"Sangat mudah untuk mempengaruhi opini publik dengan menanamkan rasa takut pada yang lain," kata Paus Fransiskus.

"Penyebab terpencil harus diserang, bukan orang miskin yang membayar konsekuensinya dan bahkan digunakan untuk propaganda politik."  

3 dari 3 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.