Sukses

Pria Italia Kecoh Suntikan Vaksinasi COVID-19 dengan Sodorkan Bahu Lengan Palsu

Seorang pria Italia yang menginginkan sertifikat vaksin Covid-19 tanpa mendapatkan suntikan itu sama sekali muncul untuk vaksinasinya dengan lengan palsu.

Liputan6.com, Biella - Seorang pria Italia yang menginginkan sertifikat vaksin Covid-19 tanpa mendapatkan suntikan itu sama sekali muncul untuk vaksinasinya dengan lengan palsu, kata para pejabat.

Pria itu, berusia 50-an, tiba untuk suntikan dengan cetakan silikon yang menutupi lengan aslinya, berharap itu tidak diperhatikan oleh petugas medis.

Tetapi seorang perawat tidak tertipu dan pria itu sekarang telah dilaporkan ke polisi, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (4/12/2021).

Perawat itu mengatakan kepada media lokal bahwa ketika dia menyingsingkan lengan bajunya, dia menemukan kulitnya "kenyal dan dingin" dan pigmen "terlalu ringan".

Setelah ditemukan, pria itu mencoba membujuk perawat untuk menutup mata, la Repubblica melaporkan. Tapi sebaliknya dia melaporkannya ke polisi karena penipuan.

Polisi setempat sekarang sedang menyelidiki insiden di Biella, Italia barat laut, dan pejabat setempat telah mengkritik tindakan pria itu.

"Kasus ini berbatasan dengan konyol," kata kepala pemerintah daerah Piedmont, Albert Cirio, dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Dia mengatakan taktik itu "tidak dapat diterima dihadapkan dengan pengorbanan yang telah dibayar seluruh komunitas kami selama pandemi, dalam hal kehidupan manusia, biaya sosial dan ekonomi".

Pria itu dilaporkan seorang petugas kesehatan yang pernah diskors dari pekerjaannya karena dia belum divaksinasi COVID-19. Suntikan adalah wajib untuk semua petugas kesehatan di Italia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan Peristiwa yang Terjadi Berulang Kali

La Repubblica menunjukkan insiden itu mungkin bukan satu kali, menunjuk ke pesan di media sosial yang mungkin telah ditulis oleh pria itu.

Posting Twitter yang dikutip oleh surat kabar itu menampilkan setelan setengah tubuh dada pria silikon, lengkap dengan lengan dan leher palsu, yang dijual di Amazon seharga € 488 (£ 416).

"Jika saya pergi dengan ini, apakah mereka akan memperhatikan? Mungkin di bawah silikon saya bahkan akan mengenakan beberapa pakaian tambahan untuk menghindari jarum mencapai lengan saya yang sebenarnya," tulis pengguna Twitter itu.

Insiden itu terjadi menjelang pengetatan aturan di Italia bagi mereka yang belum divaksinasi.

Sejak Agustus, orang Italia telah membutuhkan "green pass" Covid - menunjukkan bukti vaksinasi, tes negatif atau pemulihan dari virus - untuk mengakses stasiun kereta api, bioskop, restoran, pusat kebugaran, dan kolam renang.

Tetapi mulai Senin 6 Desember 2021, kegiatan ini akan dibatasi untuk mereka yang memiliki "super green pass", yang hanya tersedia bagi mereka yang telah divaksinasi atau baru saja pulih dari Covid.

Aturan lulus vaksin telah memicu protes di beberapa kota Italia dalam beberapa pekan terakhir.

Lebih dari 73% orang Italia sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid - lebih tinggi daripada di Prancis atau Inggris, tetapi lebih rendah daripada di Spanyol dan Portugal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini