Sukses

Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Bicara dengan Tunarungu

Berikut daftar hal yang harus dihindari ketika berbicara dengan penyandang tunarunggu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) jadi sasaran kritik netizen akibat memaksa seorang penyandang tunarungu bicara di atas panggung. Risma berkata ingin mendengar pemikiran dari pemuda itu. 

"Kamu sekarang ibu minta bicara," ujar Menteri Risma di Hari Disabilitas Internasional, Rabu (1/12).

"Niat baik" dari Menteri Risma memancing protes dari aktivis tunarungu yang ikut naik ke atas panggung. Aktivis bernama Stefanus itu menyebut cara Risma tidak tepat.

Namun, Menteri Risma terus berdalih dan menceramahi aktivis tersebut. Ia mengaku terinspirasi dari Stafsus Presiden Angkie Yudistia yang belajar berbicara.

Stefanus lantas menjelaskan kemampuan komunikasi penyandang tunarungu berbeda-beda, sehingga jangan dipaksa untuk bicara. 

Agar tidak salah kaprah, berikut hal yang sebaiknya tak dilakukan ketika berkomuikasi dengan penyandang tunarungu, seperti dilansir DeavNaf dan Sign Genius, Jumat (3/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Anggap Mereka Inferior

1. Hati-hati saat bahas topik tunarungu 

Jangan membahas tentang pendengaran orang tersebut yang hilang atau tulis. Hal itu menyiratkan kamu melihat orang tersebut sebagai tidak lengkap, rusak, atau inferior. 

2. Jangan menggurui 

Jangan mencoba memperbaiki bahasa isyarat penyandang tunarungu atau memberikan indikasi bahwa mereka tidak melakukannya seperti yang diajarkan. 

3. Jangan Berteriak 

Jangan mengencangkan suara atau melakukan gestur yang berlebihan ketika berkomunikasi dengan penyandang tunarungu.

3 dari 4 halaman

Tatapan Mata

4. Fisik

Jangan memakai tindakan fisik, seperti melempar barang, kepada penyandang tunarungu jika ingin berkomunikasi dengan mereka. Cukup sentuh bahu dengan pelan.

5. Jangan mengunyah 

Hindari berkomunikasi dengan penyandang tunarungu ketika sedang makan atau mengunyah. Pasalnya, gerakan tubuh adalah faktor penting ketika berkomunikasi dengan insan tunarungu.

6. Tatapan Mata

Pastikan untuk melakukan kontak mata kepada penyandang disabilitas. Melihat ke arah lain dalam berkomunikasi bisa menjadi pertanda percakapan berakhir. 

Situs Genius Sign juga menjelaskan bahwa menatap insan tunarungu bisa menjadi sinyal untuk mengajak orang tersebut berkomunikasi dalam diskusi.

4 dari 4 halaman

Ketika Melihat Bahasa Isyarat

7. Jangan Main Lewat 

Ketika ada insan tunarungu yang berkomunikasi dengan isyarat, jangan mendadak lewat di antara mereka.

8. Jaga Privasi

Apabila melihat insan tunarungu sedang berkomunikasi, jangan pula menatap mereka. Itu tentunya membuat tidak nyaman, atau mereka sedang membahas hal pribadi.

9. Jangan Cuek 

Ketika berkomunikasi, tunjukkan sinyal bahwa kamu memperhatikan, seperti mengangguk. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.