Sukses

Peneliti Temukan Fosil Dinosaurus Berekor Unik dengan Bilah Seperti Pisau di Chile

Spesies baru dinosaurus ditemukan di Chile Selatan.

Liputan6.com, Santiago - Peneliti temukan spesies baru dinosaurus di Chile. Fosil dinosaurus itu seukuran anjing yang tampak aneh dan memiliki senjata ekor tebas yang unik.

Dilansir AP, Jumat (3/12/21), beberapa dinosaurus memiliki ekor berduri yang bisa mereka gunakan sebagai senjata tikam dan yang lainnya memiliki ekor seperti tongkat.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa spesies baru ini tidak pernah terlihat sebelumnya pada hewan apapun. Ia memiliki 7 bilah tajam berbentuk seperti pisau pada ekornya.

"Ini adalah senjata yang sangat tidak biasa," kata Alex Vargas, ahli paleontologi Universitas Chile. Para peneliti menamakannya Stegouros Elengassen karena bagian belakangnya tampak mirip dengan stegosaurus.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekor yang Unik di Fosil Dinosaurus

Setelah Vargas dan timnya memeriksa potongan tengkorak dan melakukan lima analisis DNA yang berbeda, mereka menyimpulkan bahwa itu terkait jauh dengan stegosaurus. Hewan itu adalah anggota langka dari keluarga dinosaurus ankylosaur di belahan bumi selatan.

Vargas menyebutnya "cabang keluarga yang hilang dari ankylosaur". Fosil itu berasal dari sekitar 72 juta hingga 75 juta tahun yang lalu dan tampaknya dewasa berdasarkan cara tulang menyatu, kata Vargas.

Dari moncong seperti burung hingga ujung ekor, stegouros membentang sekitar enam kaki atau 2 meter tetapi hanya akan mencapai paha manusia, kata Vargas. Ahli Biologi Macalester College, Kristi Curry Rogers mengatakan, bukan hanya ekor yang aneh, tetapi spesies baru ini berasal dari Chile Selatan yang dimana belum pernah menghasilkan hewan jenis ini sebelumnya.

 

Penulis: Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.