Fakta Menarik Desember, Bulan Penuh Hadiah hingga Hari Pelukan Internasional

Oleh Tanti Yulianingsih pada 02 Des 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 20:40 WIB
Ilustrasi pasangan, pelukan
Perbesar
Ilustrasi pasangan, pelukan. (Photo by Tani Eisenstein on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Desember, bulan yang penuh dengan cinta, kemanusiaan, dan acara pemberian hadiah seperti; Malam Natal dan Tahun Baru. Selain itu juga menjadi bulan yang penuh rasa romantis.

Desember adalah bulan ke-12 dan terakhir tahun ini dalam Kalender Julian dan Gregorian. Dan satu dari tujuh bulan dengan panjang 31 hari. Desember dimulai pada hari yang sama dalam seminggu seperti September setiap tahun dan berakhir pada hari yang sama dengan April setiap tahun.

Ini adalah bulan dengan jam siang terpendek dalam setahun di Belahan Bumi Utara dan siang hari terpanjang dalam setahun di Belahan Bumi Selatan. Desember di belahan Bumi utara adalah musim yang setara dengan bulan Juni di belahan Bumi selatan dan sebaliknya.

Berikut ini fakta menarik lain tentang bulan Desember, dikutip dari Wonders List, Kamis (2/12/2021):

1. Hari Pelukan Internasional

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Ivy Chen

Pelukan dimaksudkan sebagai tindakan kebaikan secara acak, tindakan tanpa pamrih yang dilakukan hanya untuk membuat orang lain merasa lebih baik. International Free Hugs Day tahun ini dirayakan pada 4 Desember.

Berikan pelukan kepada semua orang yang Anda cintai hari itu. Jika seseorang berada jauh, kirimkan e-hug atau kirimkan puisi pelukan atau cara romantis untuk merayakan momen itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Musim Dingin Dimulai

[Fimela] Musim Dingin
Perbesar
Ilustrasi Musim Dingin | unsplash.com/@freestocks

Musim dingin astronomis (Belahan Bumi Utara) dimulai pada hari Jumat, 21 Desember 2012. Rayakan awal musim dingin dengan naik kereta luncur bersama, atau pergi ke lereng ski.

Idenya adalah untuk bersenang-senang musim dingin yang romantis bersama.

3. Hari Natal

Ilustrasi Natal (pixabay.com)

Natal adalah peringatan tahunan kelahiran Yesus Kristus. Sekaligus hari libur yang diamati secara luas, dirayakan secara umum pada tanggal 25 Desember oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Natal adalah hari libur di banyak negara di dunia, dirayakan oleh semakin banyak orang non-Kristen, dan merupakan bagian integral dari Natal dan musim liburan.

4. Malam Tahun Baru

Ilustrasi Tahun Baru | pexels.com/@cottonbro

Dalam kalender Gregorian, Malam Tahun Baru, hari terakhir dalam setahun, jatuh pada tanggal 31 Desember.

Di banyak negara, Malam Tahun Baru dirayakan pada pertemuan sosial malam, di mana banyak orang menari, makan, dan menonton atau menyalakan lampu.

Kembang api untuk menandai tahun baru juga kerap terlihat.

Beberapa orang menghadiri kebaktian malam. Perayaan umumnya berlangsung lewat tengah malam hingga 1 Januari (Hari Tahun Baru).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya