Sukses

Karena Ucapkan Bro, Detektif di SMA Oxford Dikira Pelaku Penembakan

Video yang menegangkan dari dalam kelas SMA Oxford yang menjadi sasaran penembakan.

Liputan6.com, Detroit - Tiga siswa menjadi korban penembakan di SMA Oxford di dekat kota Detroit, Michigan. Tersangka penembakan sekolah itu adalah murid berusia 15 tahun. 

Seorang siswa merekam apa yang terjadi di dalam kelas sebelum para murid berhasil evakuasi. Video yang viral itu menampilkan ketika murid-murid curiga si pembunuh menyamar jadi sheriff, dan meminta agar murid-murid membuka pintu.

"Aman untuk keluar," ujar pelaku yang mengaku sebagai sheriff. 

Kondisi pintu kelas saat itu sedang dibarikade dari dalam. Salah satu siswa mendekati pintu dan berbicara pada pelaku.

"Kami tidak ingin mengambil risiko saat ini," ujar siswa itu.

Pelaku terus meminta agar pintu dibuka, dan ingin menunjukkan lencana sheriff agar murid-murid percaya. Namun, ia murid-murid tidak percaya karena orang itu memakai bahasa informal. 

"Lihat lencana saya, bro," kata pelaku. 

Ketika mendengar kata bro, murid-murid di dalam kelas langsung terdengar panik dan berusaha untuk kabur melalui jendela karena mengira itu adalah sheriff palsu.

Update: 

Dalam konferensi pers, Sheriff Oaklan County, Michael Bouchard, menyebut bahwa orang yang di belakang pintu itu kemungkinan besar adalah detektif.

"Sangat mungkin bahwa ia adalah salah satu detektif kita yang berpakaian bebas, dan ia mungkin berbicara 'bro' dengan santai untuk menenangkan krisis," ujar Bouchard seperti dilaporkan USA Today.

Bouchard juga telah menganalisis semua video ketika insiden berlangsung, dan ia menyebut pelaku tidak mengetuk pintu.

Pelaku kini dijerat pasal terorisme dan upaya pembunuhan. Ia terancam hukuman seumur hidup.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembunuh Menyamar

Usai mendengar kata bro, murid-murid yang awalnya dalam posisi duduk di pojok kelas langsung berdiri. Kemudian, mereka kabur dengan melompati jendela. Berikut videonya dari akun TikTok @shwifty766:

@shwifty766 All prayers out for Oxford high school and to all my classmates #prayers #prayersneeded #oxfordhighschool #fyp #fypシ #capcut ♬ original sound - ItsShwifty

Para murid tampak lari di halaman yang bersalju menuju pintu di sisi lainnya. Di pintu itu, seorang penegak hukum sedang menantikan mereka. 

"Pelan-pelan, kalian baik-baik saja," ujarnya. 

Menurut laporan Fox 2, sekolah itu pernah melakukan pelatihan jika ada penembakan.

Sheriff mengaku berhasil menangkap penembak itu dengan cepat. Pelaku yang masih 15 tahun tidak melawan ketika ditangkap. 

Hingga kini, motif pelaku belum diketahui karena ia memilih tutup mulut.

3 dari 3 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.