Sukses

Mumi Berusia Lebih dari 800 Tahun Ditemukan di Peru

Arkeolog menemukan mumi setelah penggalian di Peru.

Liputan6.com, Jakarta - Para arkeolog menemukan mumi yang diperkirakan berusia paling tidak 800 tahun di Peru. Mumi itu ditemukan dengan sepenuhnya terikat tali, dan tangan menutupi wajah.

Dilansir The Guardian, Selasa (30/11/21), penggalian itu dipimpin oleh arkeolog Pieter Van Dalen Luna.

Pieter mengatakan, jenis kelamin mumi tersebut tidak diidentifikasi dan ditemukan di wilayah Lima. "Ciri utama mumi adalah seluruh tubuh diikat dengan tali dan dengan tangan menutupi wajah, yang akan menjadi bagian dari pola pemakaman lokal," kata dia.

Mumi tersebut tinggal di wilayah dataran tinggi Andes yang sekarang disebut Peru. Namun, "tanggal radiokarbon akan memberikan kronologi yang lebih tepat," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditemukan di Pinggiran Kota Lima

Mumi itu ditemukan di dalam struktur bawah tanah yang ditemukan di pinggiran kota Lima. Di makam juga ada sesajen termasuk keramik, sisa-sisa sayuran dan peralatan batu.

Peru adalah rumah bagi ratusan situs arkeologi yang berasal dari budaya yang berkembang baik sebelum dan sesudah Kekaisaran Inca. Suku Inca pernah mendominasi bagian selatan Amerika Selatan, mulai dari Ekuador selatan dan Kolombia hingga Chili tengah.

 

Penulis: Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Pemberlakuan PPKM Level 3 Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.