Joe Biden Imbau Dunia untuk Tetap Tenang Hadapi Varian Baru Omicron

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 30 Nov 2021, 06:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 06:30 WIB
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (AP)

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Joe Biden menyebut varian Omicron Covid sebagai "penyebab kekhawatiran, bukan penyebab kepanikan", satu hari setelah terdeteksi di Amerika Utara.

Kasus varian Omicron telah ditemukan di Kanada, dan pidatonya dari Gedung Putih disampaikan saat larangan perjalanan AS di delapan negara Afrika mulai berlaku.

Dikutip dari BBC, Selasa (30/11/2021), Biden juga mendesak orang-orang untuk mendapatkan vaksin booster dan memakai masker. Dia mengatakan dia tidak mengantisipasi pembatasan atau penguncian perjalanan AS lebih lanjut saat ini.

Dalam sambutannya pada hari Senin, presiden menyebutnya "hampir tak terhindarkan" bahwa strain Omicron, yang pertama kali dilaporkan oleh Afrika Selatan, akan ditemukan di AS "pada titik tertentu".

Dia menambahkan bahwa perusahaan vaksin mengatakan sedang membuat "rencana darurat" untuk vaksin baru "jika diperlukan".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Larangan Perjalanan oleh AS

Muncul Varian Omicron, Bandara Afrika Selatan Sepi
Perbesar
Seorang pria berjalan melalui bagian sepi bandara OR Tambo Johannesburg, Afrika Selatan (29/11/2021). WHO mendesak negara-negara di seluruh dunia untuk tidak memberlakukan larangan penerbangan di negara-negara Afrika selatan karena kekhawatiran atas varian omicron baru. (AP/Jerome Delay)

Akhir pekan lalu, AS mengumumkan larangan penerbangan dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi. 

Kanada, Inggris dan Uni Eropa dan negara-negara lain juga telah membatasi perjalanan dari Afrika selatan.

Dalam sambutannya, Biden mengatakan bahwa larangan tersebut telah memberi waktu bagi AS untuk mempelajari varian baru.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia telah menganggap Omicron sebagai "varian yang menjadi perhatian", masih belum jelas apakah itu terkait dengan lebih banyak penularan atau lebih banyak risiko menghindari vaksin.

"Kami memiliki vaksin terbaik di dunia, dan obat-obatan terbaik, ilmuwan terbaik dan kami belajar lebih banyak setiap hari," kata presiden. Dia juga bersumpah untuk "melawan varian ini dengan tindakan dan kecepatan ilmiah dan berpengetahuan. Bukan kekacauan dan kebingungan".

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Puji Afrika Selatan

FOTO: Joe Biden Resmi Akhiri Perang Amerika Serikat di Afghanistan
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendekati podium untuk berbicara tentang berakhirnya perang di Afghanistan dari Ruang Makan Negara Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Selasa (31/8/2021). Amerika Serikat mengakhiri perang hampir 20 tahun. (AP Photo/Evan Vucci)

Joe Biden turut memuji komunitas ilmiah Afrika Selatan karena melaporkan ketegangan tersebut, meskipun ada kritik bahwa larangan bepergian digunakan untuk menghukum negara tersebut.

"Untuk penghargaan mereka, komunitas ilmiah di Afrika Selatan dengan cepat memberi tahu dunia tentang munculnya varian baru ini," kata Biden. 

"Transparansi semacam ini harus didorong dan diapresiasi karena meningkatkan kemampuan kami untuk merespons dengan cepat setiap ancaman baru, dan itulah yang kami lakukan."

Dia juga mengatakan dia mengarahkan Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS, yang mengatur vaksin, untuk menggunakan "proses tercepat yang tersedia" untuk menyetujui vaksin baru potensial yang secara khusus menargetkan Omicron. 

Kanada, tetangga AS di utara, mengatakan pada hari Minggu bahwa jenis Omicron telah ditemukan pada dua pasien yang baru saja melakukan perjalanan ke Nigeria. Kasus ketiga diumumkan pada hari Senin.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron:

Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jurus Indonesia Tangkal Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya