Seperti Indonesia, 2 Negara Ini Tak Kirim Wakil ke Miss Universe ke-70 di Israel

Oleh Tanti Yulianingsih pada 29 Nov 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Kompetisi Miss Universe 2021
Perbesar
Ilustrasi Kompetisi Miss Universe 2021. (Tangkapan Layar Instagram @missuniverse/https://www.instagram.com/p/CRjOp0nD0MI/)

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe 2021 atau yang ke-70 bakal digelar di Eliat, Israel, pada Desember 2021. Indonesia sudah memastikan tak akan mengirimkan wakilinya ke kontes kecantikan sejagat tersebut?

Melalui unggahan di akun instagram resmi YPI @officialputeriindonesia, Minggu 28 November 202, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) secara resmi menyatakan tak mengirimkan perwakilan di ajang Miss Universe 2021 yang akan dihelat pada 12 Desember mendatang.

Salah satu alasannya, karena aturan pembatasan perjalanan selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Dengan berat hati, kami ingin menyampaikan tak dapat berpartisipasi dalam ajang Miss Universe ke-70. Waktu persiapan yang ketat dan pembatasan (mobilitas dan perjalanan) karena COVID-19 membuat kami memutuskan untuk tidak mengirimkan delegasi untuk kompetisi tahun ini," tulis YPI dalam unggahan berbahasa Inggris.

Dalam kesempatan tersebut, YPI berharap agar kontes Miss Universe ke-70 dapat berjalan lancar.

"Yayasan Puteri Indonesia berharap kelancaran ajang Miss Universe ke-70 dan untuk seluruh delegasi," tulis pihak YPI.

YPI juga menyatakan berharap bisa ikut berpartisipasi pada ajang Miss Universe tahun berikutnya.

Selain Indonesia, sejumlah negara juga menyatakan tak ambil andil dalam ajang ratu kecantikan tersebut. Berikut di antaranya, Liputan6.com kutip dari beragam sumber, Senin (29/11/2021):

1. Malaysia

Ilustrasi bendera Malaysia (pixabay)

Negeri Jiran Malaysia masuk daftar negara yang tidak mengirimkan perwakilannya ke Miss Universe 2021. Seperti Indonesia.

Kabar tersebut disampaikan oleh Miss Universe Malaysia Organization (MUMO). Pernyataan ini juga diunggah melalui akun Instagram resmi MUMO pada Selasa, 17 Agustus 2021.

"Kami memperhatikan bahwa Organisasi Miss Universe akan mengadakan kontes tahunan ke-70 di Eilat, Israel pada bulan Desember. Sayangnya, karena situasi COVID-19 yang memburuk, mengakibatkan terbatasnya perjalanan internasional dan domestik, kami tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia 2021," demikian menurut pernyataan MUMO.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Yunani

Wakil Yunani Banjir Dukungan Usai Mundur karena Miss Universe 2021 Digelar di Israel
Perbesar
Perwakilan Yunani, Rafaela Plastira memilih untuk mengundurkan diri karena Miss Universe 2021 akan berlangsung di Israel. (Tangkapan Layar Instagram @plastira_rafaela)

Kontes kecantikan sejagat ke-70 yang bakal kembali dipandu oleh Steve Harvey juga dilewatkan oleh perwakilan dari Yunani.

Model Yunani itu, seperti dikutip dari Haaretz, mengumumkan akan memboikot kontes Miss Universe di Israel atas dasar solidaritas dengan Palestina.

Badan yang bertanggung jawab untuk memilih perwakilan Yunani untuk kontes internasional mengatakan "pernyataan Rafaela Plastira bahwa dia tidak akan berpartisipasi dalam kontes Miss Universe ... adalah salah."

Menurut pernyataan yang diposting di Facebook oleh Giorgos Kouvaris, presiden Star & Mr GS Hellas, Plastira "memenangkan gelar Star Hellas 2019, dan ini adalah satu-satunya gelar yang dia miliki. Dia tidak pernah seharusnya mewakili negara kita di kontes Miss Universe."

Dia menambahkan bahwa perwakilan Yunani untuk kontes resmi Miss Universe adalah Sofia Arapogianni. "Saya ingin memberi tahu semua orang Yunani bahwa GS Hellas adalah satu-satunya badan yang memilih peserta di Miss Universe 2021.

Sementara itu, perwakilan dari Afrika Selatan dikabarkan tetap melaju di ajang tersebut, meski tanpa dukungan negaranya.

Organisasi Miss Universe yang dikutip dari Associated Press, mengumumkan pada Selasa 20 Juli 2021 bahwa kontes itu akan diadakan Desember tahun ini di kota resor selatan Eilat.

Acara tiga jam itu akan disiarkan langsung di Fox di AS dan juga di 180 negara dan wilayah di seluruh dunia. Ini akan berakhir dengan Miss Universe saat ini, Andrea Meza dari Meksiko, memahkotai penggantinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi COVID-19

Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Tidur Malam Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya