Sukses

Presiden Cyril Ramaphosa Kecewa Banyak Negara Setop Kedatangan dari Afrika Selatan

Banyak negara mulai menyetop kedatangan dari Afrika Selatan akibat temuan varian baru Omicron.

Liputan6.com, Cape Town - Presiden Afrika Selatan telah mengutuk larangan perjalanan yang diberlakukan terhadap negaranya dan tetangganya atas varian baru COVID-19, Omicron.

Dilansir BBC, Senin (29/11/2021), Cyril Ramaphosa mengatakan dia "sangat kecewa" dengan tindakan itu, yang dia gambarkan sebagai tindakan yang tidak dapat dibenarkan, dan menyerukan agar larangan itu segera dicabut.

Inggris, UE, dan AS termasuk di antara mereka yang memberlakukan larangan perjalanan.

Varian Omicron telah digolongkan sebagai "varian perhatian" oleh WHO.

Bukti awal menunjukkan itu memiliki risiko infeksi ulang yang lebih tinggi. Varian yang sangat bermutasi terdeteksi di Afrika Selatan awal bulan ini dan kemudian dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Rabu lalu.

Varian ini bertanggung jawab atas sebagian besar infeksi yang ditemukan di provinsi terpadat Afrika Selatan, Gauteng, selama dua minggu terakhir, dan sekarang hadir di semua provinsi lain di negara itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sederet Negara Larang Kedatangan dari Afsel

Pada hari Senin, Jepang menjadi negara terbaru yang memberlakukan kembali pembatasan perbatasan yang ketat, melarang semua orang asing memasuki negara itu mulai 30 November.

WHO telah memperingatkan negara-negara yang terburu-buru memberlakukan pembatasan perjalanan, dengan mengatakan mereka harus melihat ke "pendekatan berbasis risiko dan ilmiah". 

Namun, banyak larangan telah diperkenalkan dalam beberapa hari terakhir di tengah kekhawatiran atas varian tersebut.

Direktur WHO Afrika Matshidiso Moeti mengatakan pada hari Minggu: "Dengan varian Omicron yang sekarang terdeteksi di beberapa wilayah di dunia, memberlakukan larangan perjalanan yang menargetkan Afrika menyerang solidaritas global."

Dalam pidatonya pada hari Minggu, Ramaphosa mengatakan tidak ada dasar ilmiah untuk larangan perjalanan dan bahwa Afrika selatan adalah korban diskriminasi yang tidak adil.

Dia juga berpendapat bahwa larangan itu tidak akan efektif dalam mencegah penyebaran varian.

"Satu-satunya hal yang akan dilakukan larangan bepergian adalah untuk lebih merusak ekonomi negara-negara yang terkena dampak dan merusak kemampuan mereka untuk menanggapi, dan pulih dari, pandemi," katanya.

3 dari 4 halaman

Presiden Afsel Kecewa

Ramaphonsa meminta negara-negara dengan larangan untuk "segera membalikkan keputusan mereka ... sebelum kerusakan lebih lanjut terjadi pada ekonomi".

Ia menggambarkan munculnya varian Omicron sebagai peringatan bagi dunia mengenai ketidaksetaraan vaksin - memperingatkan bahwa sampai semua orang divaksinasi, lebih banyak varian tidak dapat dihindari.

Tidak ada kekurangan vaksin di Afrika Selatan sendiri, dan Ramaphosa mendesak lebih banyak orang untuk divaksin, dengan mengatakan bahwa itu tetap cara terbaik untuk melawan virus.

Omicron kini telah terdeteksi di sejumlah negara di dunia, termasuk Inggris, Jerman, Australia, dan Israel.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Kelelahan Pandemi Covid-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.