Sukses

Wisuda Dihadiri Taliban, Mahasiswi di Afghanistan Tampil Bercadar

Sebanyak 200 mahasiswi Universitas Mirwais Neeka di Afghanistan dari berbagai fakultas menerima ijazah pada acara yang dihadiri anggota Taliban..

Liputan6.com, Kabul - Sebuah universitas swasta di Provinsi Kandahar, selatan Afghanistan, menggelar upacara wisuda. Acara tersebut dihadiri pejabat Taliban pada Sabtu 27 November 2021.

Mengutip VOA Indonesia, Senin (29/11/2021), sebanyak 200 mahasiswi Universitas Mirwais Neeka dari berbagai fakultas menerima ijazah pada acara tersebut.

Para wisudawati hadir dengan mengenakan cadar sesuai aturan yang diberlakukan Taliban.

Salah satu mahasiswi yang mengikuti wisuda, Sharifa, mengaku bahagia telah lulus dari kampusnya. Ia mengatakan, "Semoga Tuhan menjadikan kebahagiaan ini sebagai alasan perdamaian dan kemakmuran di Afghanistan.”

Sharifa mengimbau para orangtua di Afghanistan untuk mendorong anak-anak mereka bersekolah dan bekerja keras bersama mereka, "agar anak-anak mereka menjadi lebih baik demi generasi berikutnya," tambahnya.

Berharap Bisa Segera Dapat Pekerjaan di Afghanistan

Semua peserta wisuda, terutama perempuan, berharap dapat segera mendapatkan pekerjaan saat negara itu berada di ambang keruntuhan ekonomi, terjun ke dalam salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

“Banyak orang yang sekarang lulus dari universitas khawatir tidak akan mendapatkan pekerjaan di bawah Emirat Islam (Taliban),” kata Sharifa. Dia menekankan bahwa khususnya wisudawati khawatir “mereka tidak akan bisa menemukan pekerjaan.”

"Kami menuntut Taliban agar mereka yang telah lulus dan menganggur di rumah dipekerjakan demi generasi berikutnya," tambah Sharifa.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Taliban untuk Perempuan

September lalu, Taliban memerintahkan perempuan yang berkuliah di universitas-universitas swasta di Afghanistan untuk mengenakan abaya dan niqab (cadar) yang menutupi sebagian besar wajah mereka. Kelas pun harus dipisah berdasarkan jenis kelamin – atau setidaknya dibatasi tirai.

Sebelum diambil alih oleh Taliban, sekitar 3,5 juta anak perempuan di Afghanistan bersekolah. Menurut sumber Amerika Serikat (AS), sekitar 100.000 di antaranya pada jenjang perguruan tinggi.

Saa itu, Taliban berjanji melindungi hak-hak perempuan dan anak perempuan. Akan tetapi, pemerintahan mereka yang baru dimulai telah berulang kali dikritik karena gagal memenuhi janji tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.