Sukses

Presiden Ceko Positif COVID-19, Lantik PM Baru dari Kotak Kaca

Presiden Ceko yang positif COVID-19 melantik PM baru dari kotak kaca yang terbuat dari plexiglass.

Liputan6.com, Prague - Presiden Ceko Milos Zeman telah menunjuk pemimpin oposisi Petr Fiala sebagai perdana menteri baru negara itu. Zeman - yang positif COVID-19 minggu lalu - membuat janji dari dalam kotak plexiglass di sebuah ruangan di kediamannya.

Presiden didorong oleh staf rumah sakit dengan peralatan pelindung lengkap. Aturan Ceko mengharuskan pasien positif COVID-19 untuk menjalani isolasi diri selama dua minggu.

Presiden Ceko itu tertular COVID-19 tepat setelah menjalani perawatan intensif untuk masalah kesehatan yang tidak terkait. Pria 77 tahun ini adalah perokok berat dan mantan peminum berat yang menggunakan kursi roda dan menderita diabetes.

Di bawah konstitusi Ceko, presiden adalah tokoh utama, tetapi dia memimpin pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan baru.

Pemungutan suara bulan lalu mengembalikan kemenangan mengejutkan bagi oposisi melawan Perdana Menteri Andrej Babis.

Berbicara melalui mikrofon di dalam kotak tertutup, Milos Zeman mengatakan bahwa dia akan menghabiskan dua minggu ke depan untuk mewawancarai calon menteri, meskipun pilihan kandidat seharusnya tergantung pada penunjukan perdana menteri.

Proses ini akan berlanjut hingga 13 Desember, di mana pemerintahan baru secara keseluruhan dapat ditunjuk untuk mengambil alih dari Babis. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petahana Vs Oposisi

Perdana Menteri Babis dan partai populis ANO-nya telah mencalonkan diri kembali setelah empat tahun berkuasa. Tetapi mereka dikalahkan dalam jajak pendapat oleh koalisi kanan-tengah Spolu, Petr Fiala.

Penunjukan Fiala dilakukan setelah berminggu-minggu spekulasi bahwa presiden ingin mempercayakan sekutunya, petahana, dengan tugas membentuk kabinet.

Seorang tokoh kontroversial, Zeman dikenal untuk membuat komentar memecah belah dan menggunakan bahasa yang kuat. Pada bulan Juni dia dikritik tajam karena menyebut orang transgender "menjijikkan".

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.