Presiden Ceko Positif COVID-19, Lantik PM Baru dari Kotak Kaca

Oleh Tanti Yulianingsih pada 29 Nov 2021, 12:31 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 12:40 WIB
Presiden Ceko Milos Zeman (kanan) pulih dari penyakit yang tidak diungkapkan di rumah sakit sebelum dinyatakan positif COVID-19. (AP: Roman Vondrous)
Perbesar
Presiden Ceko Milos Zeman (kanan) pulih dari penyakit yang tidak diungkapkan di rumah sakit sebelum dinyatakan positif COVID-19. (AP: Roman Vondrous)

Liputan6.com, Prague - Presiden Ceko Milos Zeman telah menunjuk pemimpin oposisi Petr Fiala sebagai perdana menteri baru negara itu. Zeman - yang positif COVID-19 minggu lalu - membuat janji dari dalam kotak plexiglass di sebuah ruangan di kediamannya.

Presiden didorong oleh staf rumah sakit dengan peralatan pelindung lengkap. Aturan Ceko mengharuskan pasien positif COVID-19 untuk menjalani isolasi diri selama dua minggu.

Presiden Ceko itu tertular COVID-19 tepat setelah menjalani perawatan intensif untuk masalah kesehatan yang tidak terkait. Pria 77 tahun ini adalah perokok berat dan mantan peminum berat yang menggunakan kursi roda dan menderita diabetes.

Di bawah konstitusi Ceko, presiden adalah tokoh utama, tetapi dia memimpin pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan baru.

Pemungutan suara bulan lalu mengembalikan kemenangan mengejutkan bagi oposisi melawan Perdana Menteri Andrej Babis.

Berbicara melalui mikrofon di dalam kotak tertutup, Milos Zeman mengatakan bahwa dia akan menghabiskan dua minggu ke depan untuk mewawancarai calon menteri, meskipun pilihan kandidat seharusnya tergantung pada penunjukan perdana menteri.

Proses ini akan berlanjut hingga 13 Desember, di mana pemerintahan baru secara keseluruhan dapat ditunjuk untuk mengambil alih dari Babis. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Petahana Vs Oposisi

Sebuah kotak suara harus dibawa ke Milos Zeman sehingga dia bisa memilih dalam pemilihan karena kesehatannya yang buruk.
Perbesar
Sebuah kotak suara harus dibawa ke Milos Zeman sehingga dia bisa memilih dalam pemilihan karena kesehatannya yang buruk. (Dok: KANTOR PERS KEPRESIDENAN CEKO)

Perdana Menteri Babis dan partai populis ANO-nya telah mencalonkan diri kembali setelah empat tahun berkuasa. Tetapi mereka dikalahkan dalam jajak pendapat oleh koalisi kanan-tengah Spolu, Petr Fiala.

Penunjukan Fiala dilakukan setelah berminggu-minggu spekulasi bahwa presiden ingin mempercayakan sekutunya, petahana, dengan tugas membentuk kabinet.

Seorang tokoh kontroversial, Zeman dikenal untuk membuat komentar memecah belah dan menggunakan bahasa yang kuat. Pada bulan Juni dia dikritik tajam karena menyebut orang transgender "menjijikkan".

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya