Sukses

Tiba di Belanda, 13 Penumpang Pesawat dari Afrika Selatan Terdeteksi Bawa Varian Omicron

Sebanyak 13 orang yang tiba dari Afrika Selatan diketahui positif membawa Virus Corona varian omicron.

Liputan6.com, Amsterdam - 13 orang yang tiba di Bandara Amsterdam dalam dua penerbangan dari Afrika Selatan telah terdeteksi tertular varian COVID-19 Omicron.

Mereka ditemukan di antara 61 orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Dikutip BBC, Senin (29/11/2021), temuan kasus tersebut membuat aturan pembatasan di Belanda semakin ketat karena kekhawatiran akan tingginya kasus dan penyebaran varian baru. 

Aturan baru ini meliputi penutupan layanan jasa dan tempat budaya lebih awal.

Omicron pertama kali dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) oleh Afrika Selatan pada hari Rabu, dan bukti awal menunjukkan bahwa ia memiliki risiko infeksi ulang yang lebih tinggi.

Varian ini telah dikategorikan oleh WHO sebagai "varian perhatian".

Akan tetapi, setelah banyak negara di seluruh dunia membatasi perjalanan dari negara-negara Afrika selatan atas varian tersebut, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa menyerukan agar larangan itu segera dicabut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aturan Pembatasan Diperketat

Penumpang yang melakukan perjalanan dari Afrika Selatan ke Inggris melalui Amsterdam mengatakan kepada BBC bahwa mereka ditahan di landasan bandara Schiphol selama empat jam, sebelum akhirnya turun.

Para penumpang yang dipastikan memiliki Covid-19 telah dikarantina di sebuah hotel dekat bandara Schiphol.

Mereka yang dites negatif telah diminta untuk mengisolasi di rumah selama lima hari dan menjalani tes lebih lanjut. 

Para pejabat mengatakan mereka yang transit akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan mereka, meskipun ada laporan pada hari Sabtu bahwa beberapa penumpang belum menerima bukti tertulis dari tes negatif dan karena itu tidak dapat naik ke penerbangan selanjutnya.

Otoritas kesehatan Belanda juga berusaha menghubungi dan menguji ribuan penumpang lain yang telah melakukan perjalanan dari tujuh negara Afrika selatan - Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia atau Zimbabwe - sejak hari Senin.

Belanda adalah salah satu dari banyak negara di dunia yang kini memberlakukan pembatasan perjalanan ke negara-negara di Afrika selatan sebagai tanggapan atas varian baru tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini