Sukses

Thailand, Indonesia Jadi Negara Asia yang Sangat Ambisius untuk Kendaraan Listrik

Thailand dan Indonesia menjadi beberapa negara yang sangat ambisius menjadi pusat kendaraan listrik (EV) di kawasan Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand dan Indonesia menjadi beberapa negara yang sangat ambisius menjadi pusat kendaraan listrik (EV) di kawasan Asia Tenggara.

Menurut survei Roland Berger, yang dirilis dalam studi Automotive Disruption Radar (ADR) edisi ke-10 konsultan manajemen, pemerintah kedua negara telah menunjukkan komitmen terhadap EV melalui kebijakan.

Minat di antara warga negara kedua negara juga menjadi faktor, lanjut studi tersebut sebagaimana dikutip dari Mashable Asia, Minggu (28/11/2021).

Dukungan Pemerintah Jadi Faktor Perhitungan

Pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) 2021 di Glasgow, Skotlandia, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah menegaskan kembali tujuan negara Asia Tenggara itu untuk memungkinkan 50 persen kendaraan yang diproduksi di Thailand menjadi Zero-Emission Vehicles (ZEVs) pada akhir dekade ini.

Pada tahun 2035, negara ini bertujuan untuk mencapai 100 persen sejalan dengan target ambisius Komite Kebijakan Kendaraan Listrik Nasional pemerintah Thailand.

Karena ini, Thailand berdengung dengan investor dan pebisnis yang tertarik untuk mengambil keuntungan dari kebijakan pro-EV negara itu.

Perusahaan elektronik Taiwan Foxconn baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memproduksi hingga 200.000 EV di negara itu setiap tahun dalam kemitraan dengan perusahaan gas dan minyak bumi yang berbasis di Thailand, PTT Public Company Limited. Proyek ini dijadwalkan akan dimulai antara 2023 dan 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Diperhitungkan

Sementara itu, Indonesia mengumumkan strategi nasional untuk memproduksi 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta sepeda listrik. Semuanya diperkirakan akan menghantam jalan-jalan Indonesia pada tahun 2030.

Investor sudah menggelontorkan Hyundai Motor dan LG Energy Solutions menginvestasikan US$ 1 miliar ke lokasi manufaktur sel baterai dengan kapasitas 10 GWh di Karawang.

Dengan Indonesia yang kaya akan sumber daya bahan baku, khususnya nikel, untuk membangun EV, pabrik akan membuka pintunya pada paruh pertama tahun 2024.

Sementara itu, Gojek dan Gogoro bermitra dengan Pertamina untuk memproduksi 250 skuter listrik di Jakarta, dengan skala akhirnya hingga 5000 unit.

"Minat dan aktivitas industri yang tajam adalah sinyal yang jelas bahwa Thailand dan Indonesia akan sangat menarik untuk ditonton dalam perjalanan mereka menuju elektrifikasi dan transformasi otomotif dan transportasi," kata Roland Berger South East Asia Partner, Udomkiat Bunworasate.

3 dari 3 halaman

Kendaraan Listrik, Solusi Efisien

Menurut temuan Roland Berger, kebanyakan orang tertarik pada EV karena mereka efisien.

Permintaan untuk EV di Indonesia meningkat karena fakta bahwa banyak orang Indonesia melakukan perjalanan jarak pendek, membuat kendaraan ini pilihan yang layak.

Di Thailand, 80 persen responden menunjukkan tertarik untuk membeli EV baterai sebagai mobil mereka berikutnya. Di Indonesia, itu 75 persen.

Namun, tindakan untuk lingkungan berada di urutan kedua.

Namun, ada kekhawatiran utama dan ini terutama berkaitan dengan label harga tinggi EV dibandingkan dengan sepupu primitif mereka, mobil mesin pembakaran internal (ICE) yaitu yang kemungkinan besar Anda kendarai sekarang.

Terbatasnya ketersediaan stasiun pengisian adalah faktor lain yang membuat banyak orang Indonesia dan Thailand mempertimbangkan kembali keputusan mereka untuk membeli EV.

"Di sisi penawaran, pemain ekosistem EV utama seperti OEM, pemasok suku cadang, operator infrastruktur pengisian menimbang risiko investasi dan kelangsungan bisnis jangka panjang karena volume permintaan yang rendah saat ini.

"Masih banyak yang perlu dilakukan oleh pembuat kebijakan, pemangku kepentingan industri untuk bersama-sama mengatasi titik-titik rasa sakit saat ini dan menempatkan enabler yang diperlukan untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan EV di Indonesia," kata Kepala Roland Berger South East Asia Timothy Wong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • electric vehicle