Sukses

Top 3: Rusia Tarik Diplomat dari Korut hingga Munculnya COVID-19 Varian Omicron

Top 3: Rusia tarik diplomat dari Korea Utara, prediksi gelombang tiga COVID-19 di RI, dan munculnya varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Rusia menarik diplomat-diplomatnya dari Korea Utara. Salah satu diplomat yang tersisa tinggal duta besar. 

Keputusan Rusia diambil di tengah masalah ekonomi di negara yang dipimpin dinasti Kim tersebut. Kini, jumlah diplomat di Korea Utara sudah semakin sedikit.

Kabar penarikan diplomat itu menjadi sorotan di kanal Global Liputan6.com, Sabtu (27/11/2021). 

Selain itu, berita COVID-19 juga masih menjadi berita utama, yakni soal prediksi gelombang ketiga di Indonesia, serta munculnya varian Omicron di Afrika Selatan. 

Berikut daftar beritanya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Diplomat Rusia

Rusia telah menarik mundur mayoritas staf kedutaan besarnya di Pyongyang, Korea Utara. Ini diduga masih terkait kondisi ekonomi Korut yang carut-marut.

Dilaporkan Yonhap, Jumat (26/11), media lokal Korut menyebut lusinan personal diplomatik Rusia meninggalkan Pyongyang dengan naik kereta. Hanya ada dua diplomat yang tersisa.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Prediksi Gelombang Ketiga COVID-19 di Indonesia

Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), lembaga penelitian Amerika Serikat mengeluarkan prediksi soal COVID-19 di Indonesia. Data dari lembaga penelitian kesehatan global ini menyebut bahwa Indonesia tidak akan dihantui oleh gelombang ketiga COVID-19.

Data ini bahkan menunjukkan bahwa angka kasus COVID-19 di Tanah Air akan tetap landai hingga Maret 2022, demikian dikutip dari laman IHME, Jumat (26/11/2021). 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Varian Omicron

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, pada Jumat 26 November 2021, telah memberikan nama untuk varian baru virus corona COVID-19 yang baru muncul dan teridentifikasi di Afrika Selatan.

Omicron, nama varian baru COVID-19 itu, pertama kali disebut sebagai garis keturunan B.1.1.529 dan dikategorikan sebagai 'varian yang mengkhawatirkan' (VoC) berdasarkan kategorisasi WHO. Sebagaimana varian delta dan beta, omicron meminjam penyebutan huruf Yunani kuno. 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.