Sukses

British Council Luncurkan Perpustakaan Digital di Indonesia, Gratis Buruan Daftar

Perpustakaan digital British Council menyajikan komik X-Men, Iron Man, The Wall Street Journal, hingga majalah GQ dan Vogue.

Liputan6.com, Jakarta - British Council Indonesia merilis perpustakaan digital untuk para pembaca di Indonesia. Gratis. Perpustakaan digital ini memberikan akses berupa komik, koran, hingga majalah. 

Ada komik Marvel, seperti X-Men dan Iron Man. Bagi pembaca media internasional, ada akses ke The Wall Street Journal hingga The Washington Post. 

Penyuka isu fashion dan kultur bisa membaca majalah-majalah Vogue, Vanity Fair, hingga GQ. Para sinefil bisa menikmati dokumenter serta film modern seperti Little Bird maupun sinema klasik seperti The Little Foxes yang dibintangi Bette Davis. Ada pula film-film Sherlock Holmes lawas.

Sumber bacaan itu bisa dibaca lewat situs maupun aplikasi. British Council berharap ini bisa mendorong transfer pengetahuan kepada masyarakat Indonesia dari berbagai generasi. 

"Saat ini sangat penting untuk memfasilitasi pertukaran budaya dan kolaborasi, kami berharap berbagai generasi dapat memanfaatkan Digital Library sebagai pusat budaya dan kreatifitas, dan memperoleh manfaat juga dari berbagai sumber-sumber yang kami kumpulkan dan pusatkan di digital library yang unik ini," ujar Hugh Moffatt, Country Director, British Council Indonesia, dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (26/11/2021). 

Berikut rangkuman cara daftar di perpus digital British Council:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Daftar

Mendaftar di perpustakaan British Council bisa dilakukan melalui aplikasi atau situs. Untuk mendaftar lewat situs, pertama kunjungi situs British Council. Klik di sini.

- Ikuti petunjuk untuk mengisi data pribadi, seperti nama dan email.

- Cek email untuk verifikasi.

- Pada email ada permintaan agar membuat password. Klik, kemudian isi password. 

- Selanjutnya, klik Launch the Digital Library Portal.

- Klik Sign in to British Council Digital Library.

- Setelah masuk, klik salah satu ikon, dan otomatis pengguna akan diminta menginstal extension bernama My Loft.

Perpustakaan digital British Council. Saat baru login, klik salah satu ikon untuk selanjutnya menginstall My Loft.

- Usai instal My Loft, pengguna bisa memilih buku, komik, audiobook, film, dan berbagai hal yang ingin dipinjam. (Tips: ada lebih banyak majalah di bagian Newspapers.)

Catatan, jangan lupa untuk mengingat nomor perpustakaan, sebab itu dibutuhkan untuk menonton film. Untuk melihat nomor perpustakaan, kunjungi halaman depan situs British Council. Pilih My Account dan cek data personal yang ada di sisi kiri layar.

Batas usia pengguna minimal 18 tahun.

3 dari 4 halaman

Apa Saja yang Bisa Diakses?

Berikut sumber bacaan dan film yang tersedia di perpustakaan British Council berdasarkan data resminya:

Koran: 2.400 teks koran – koran dari 100 negara

Majalah: 4.000 full-colour, edisi digital, diantaranya Newsweek yang dapat dibaca dari layar komputer maupun telfon genggam. Anggota perpustakaan dapat secara langsung memilih edisi terbaru maupun terdahulu, menambahkan pilihan tersebut ke dalam pustaka bacaan pribadi tanpa menunggu maupun tanpa jangka waktu, tidak ada batasan untuk jumlah majalah yang dapat dibaca.

eBooks dan Audio Books: Baca atau mendengarkan langsung lebih dari 3.000 judul dari para penerbit dan pengarang kenamaan.

Komik dan novel grafis: 1.500+ judul komik dapat diakses oleh anggota perpustakaan untuk segala umur.

Musik: Lebih dari 1.500 momen live musik, konser-konser serta dokumenter musik dapat dinikmati secara on-demand melalui berbagai alat digital.

Film Independen: streaming film dengan akses ke 7,000 budaya pop terfavorit, box office, film – film pemenang penghargaan, dokumenter dan film pendek. Anggota Digital Library dapat secara langsung melihat dan menonton ribuan judul dari seluruh dunia, termasuk yang terbaik dari klasik TV, horor, komedi, festival film kesayangan.

Teater: teater dari Inggris terbaik untuk pengajar dan murid – anggota Digital Library dapat menikmati lebih dari 600 produksi teater, termasuk di dalamnya berbagai diskusi dari para praktisi teater.

Buku Akademis: 100.000 eBooks di berbagai area akademis dengan berbagai sumber praktis untuk riset dan penelitian. Termasuk: Antropologi, Ekonomi dan Bisnis, Komputer dan IT, Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Seni Rupa, Bahasa dan Sastra, Hukum, Sains Kehidupan, Kedokteran, Ilmu Fisika, Psikologi, Ilmu Agama serta Ilmu Sosial.

Pelatihan Perangkat Lunak: Pelatihan berbagai cara cara – cara terkait perangkat lunak untuk berbagai aplikasi dan alat perangkat lunak, termasuk Microsoft Office, Adobe Creative, Creative Suite, google Docs dan iPad.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Ajarkan Anak Pakai Masker Cegah COVID-19. (Liputan6.com/Niman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.