Black Friday di Tengah Pandemi COVID-19, Tetap Jalan atau Setop?

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 26 Nov 2021, 16:28 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 16:28 WIB
Pesta Belanja Black Friday di Prancis Dimulai
Perbesar
Seorang pria berjalan melewati poster "Black Friday" di Paris, Prancis, pada 4 Desember 2020. Sempat ditunda selama sepekan akibat karantina wilayah (lockdown) nasional, pesta belanja tahunan "Black Friday" di Prancis akhirnya dimulai pada Jumat (4/12). (Xinhua/Gao Jing)

Liputan6.com, New York - Black Friday atau event penjualan ritel yang berlangsung pada hari Jumat setelah Thanksgiving, berlanjut hingga tahun ini, meski dunia masih dihantui oleh pandemi COVID-19.

Ekstravaganza belanja tahunan ini biasanya digambarkan dengan segerombolan pelanggan membanjiri toko sejak dini hari, demikian dikutip dari laman newsweek, Jumat (26/11/2021).

Barang-barang yang biasa diincar sebagai target diskon yaitu elektronik, mainan, pakaian, peralatan dapur, dan produk lainnya.

Sejak awal COVID-19, banyak toko telah menerapkan langkah-langkah keamanan, seperti persyaratan masker, penerimaan pelanggan yang terbatas, jam belanja yang dibatasi, dan pengurangan layanan lainnya.

Walmart di Amerika Serikat melakukan penjualan di Black Friday lebih awal, baik online maupun di dalam toko.

Black Friday dimulai di situs web Walmart pada 22 November pukul 7 malam waktu Amerika Serikat dan diluncurkan di toko pada 26 November pukul 05.00 pagi waktu setempat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tingkat Keamanan dalam Berbelanja

Hari Belanja Black Friday di Amerika
Perbesar
Pembeli memasuki toko Best Buy Inc. saat acara penjualan Black Friday di Chicago, Illinois, Kamis (28/11/2019). Selama Black Friday yang dimulai sejak tahun 1960-an, warga Amerika merayakan tradisi dengan belanja dan berburu diskon-besaran. (Kamil Krzaczynski/Getty Images/AFP)

Dalam sebuah pernyataan Walmark mengatakan: "Keamanan pelanggan terus menjadi prioritas tertinggi Walmart, dan acara 'Black Friday Deals for Days' Walmart dirancang untuk pengalaman yang aman dan menyenangkan.

"Semua penawaran tersedia secara online, dan untuk membantu memastikan belanja yang aman di toko, Walmart mengikuti panduan CDC [Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS] dan mandat lokal."

Semua karyawan Walmart diharuskan mengenakan masker, sementara pelanggan didorong untuk memakai masker dan boleh juga dilepas, terlepas dari status vaksinasi COVID-19 mereka.

Pelanggan juga dapat memilih untuk mengambil pesanan Black Friday online mereka melalui layanan penjemputan tepi jalan tanpa kontak petugas Walmart.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi COVID-19

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya